Monday, November 9, 2015

SIP # 3 Softwere pengolhan database



Pendahuluan
Softwere database adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola struktur database (basis data) serta untuk mengakses data. Perangkat lunak basis data juga biasa disebut dengan sistem manajemen database. Sementara itu definisi database secara umum adalah sekumpulan data yang tersimpan secara sistimatik  didalam computer sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi itu kembali dari basis data tersebut. Secara khusus, database adalah sekumpulan file (dokumen) pada sistem komputer yang saling terhubung. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa Softwere data base itu adalah suatu perangkat lunak yang yang diprogram secara sistematik dalam rangkaian computer yang bermanfaat dalam pemprosessan data atau dokumen serta memberikan kemudahan dalammhal mencari kembali file tersebut dari rangkaian basis data yang dibuat.
Berikut ini  saya melampirkan tiga jenis softwere dalam database
1. MS Access
Microsoft Acces adalah aplikasi yang bisa membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang singkat. Menurut Talib (2010), Microsoft Access 2010 merupakan dasar dari pembuatan database sebelum ke pembuatan database yang lebih  rumit lagi. Microsoft access biasanya berguna  untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil. Misalnya program untuk kasir di koperasi, Aplikasi filing untuk sekretaris, penjualan untuk took, dan untuk seorang mahasiswa untuk membuat aplikasi kecil-kecil.
Bagian-bagian dar MS Acces 2010
Table digunakan untuk menyimpan data
Query merupakan perintah yang ditujukan dalam penampilan data yang diinginkan, seringkali   mengacu   ke   istilan Structure Query Language   (SQL),   biasanya digunakan untuk memanipulasi data
Form merupakan jendela atau lembar yang biasa digunakan untuk tampilan dalam database. Biasanya menampilkan data dan menambah data dll.
Report merupakan laporan yang ditampilkan oleh Microsoft access
Macro digunakan untk melakukan satu atau beberapa fungsi.
2. Microsoft SQL dan MSQL Server
Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL. Sedangkan MySQL, ini  merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, yang dikembangkan oleh Oracle dengan nama sebelumnya yaitu  Sun dan MySQL AB kemudian berinivasi dan berganti nama seperti sekarang ini yaitu MySQL. MySQL menjadi sangat populer dan banyak digunakan di eropa dan di America dan bahkan Facebook mengunakan jasa aplikasi ini karena itu apliaksi ini mudah digunakan dan yang diterapkan dalam aplikasi web. selanjutnya, server ini digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.
Dalam MSQL tersedia beberapa platform diamana diatnranya terdapat banyak versi indows dan versi linux. Dan untuk menjalankan dan  administrasi aplikasi ini para penguna dapat memgunakan bantuan dari Phpmyadmin yang terdapat dalam bundle examp.

3. Oracle
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarangSecara umum komponen DBMS Oracle terdiri atas memory, proses dan file file
Berikut ini saya lampirkan komponen-komponen dari oracle
1. Instance
 - Memory yang disebut sebagai System Global Area (SGA), terdiri atas: Shared Pool (Libary Cache and Data Dictionary Cache), Database Buffer Cache, Redolog Buffer Cache, Java Pool, Large Pool.
 Back ground process: PMON, SMON, DBWR, LGWR, CKPT.
2. Database terdiri dari datafile, control file dan redo log file.
3. Komponen lain seperti
Process : server proses dan user process
Memory : Program global area (PGA)
File : Archieved log, parameter dan password file
# Catatan dalam Oracle terdapat beberapa pula hal-hal pokok yang harus dipahami bagi para pengunanya seperti:
- View DICT atau panduan dan yang berisi semua yang ada di oracle dan berisi semua onformasi didatabase oracle.
- Dokumentasi Database dari oracle: pada oracle dokumentasi biasanya mengunakan Master Index sebagai sarana untuk mencari file. Serta administrator Guide sebagai penuntun dalam mencari dokumen.
- Metalink  
Metalink merupakan tool yang wajib dimiliki untuk mengunakan oracle yang bermanfaat untuk meminta bantuan (support) team oracle terhdap masalah yang muncul, memdowload Patch dan melihat technical documentation.


 Refrensi

Ashari. (2005). Pemrograman akuntansi untuk usaha dagang menggunakan microsoft access. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
http://dosen.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2015/02/sofwan-mysqldanphpmyadmin.pdf
http://ilmukomputer.org/2008/09/18/database-firebird-bag-1-2/
http://rohmad.net/wp-content/upload/2008/12/bukupegangan-oracle-DBA.pdf





No comments: