Saturday, November 7, 2015

# SIP CBIS Computer based information system



Pendahuluan
Selamat datang di blog dunia psikologi
Informasi merupakan sesuatu yang sangat penting atau krusial untuk dipahami oleh manusia dikarenakan setiap orang didunia ini membutuhkan akan informasi yang bilamana suatu informasi itu tersusun secara sistematis atau tersistemdalam aturan baku yang berbasis komputer maka hal tersebut dapa memberikan manfaat bagi para pengunanya. Maka dalam artikel kali ini penulis mau mengulas tentang  Computer based information system atau  yang dalam bahasa Indonesia kita tercinta diartikan sebagai sistem informasi berbasis komputer. Tapi sebelum kita mengulas akan CBIS maka hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu akan pengertian sistem informasi.

Sistem Informasi
A. Sistem  Informasi
Menurut Robert Leitch sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Smentara itu menurut Mc Leod Sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi. Kendati demikian maka dapat disimpulkan  Sistem Informasi  merupakan suatu sistem yang terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pengunanya, atau dengan kata lain adalah suatu sistem yang terintegrasi pada manusia atau mesin untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi dan manajemen dalam suatu organisasi dengan memanfaatkan perangkat lunak. Dimana didalamnya terdapat prosedur manual dan model dan basis datanya.

          Konsep dan hal pokok dari sistem Informasi
a. Sistem Informasi berbasis Komputer  dan berbasis sistem manusia atau mesin
Sistem Informasi berbasis computer dan sistem manusia/mesin merupakan suatu sistem rancangan computer untuk memahami dan meningkatkan pengetahuan computer dan dalam pemrosesan informasi. Serta suatu sistem dimana adanya interaksi antara manusai sebagai pengelolah dan mesin sebagai alat untuk memproses informasi.
b. Sistem basis data terintegrasi
Sistem basis data terintegrasi merupakan penggunaan basis data secara bersama-sama (sharing) dalam sebuah data base manajemen system.
c. Sistem Informasi mendukung informasi organisasi 
Mendukung Informasi memiliki arti bahwa Informasi yang diolah dan di hasilkan digunakan untuk mendukung operasi organisasi.

B. Computer Basic Information System
CBIS merupakan akronim dari Computer Based Information System (CBIS) atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia merupakan sistem informasi berbasis komputer. Dimana Sistem Informasi Berbasis Komputer memiliki arti sebagai sistem pengolahan data agar menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mendukung dalam pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. CBIS (Computer Based Information System) juga  bisa dikatakan adalah suatu sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer baik softwere maupun hardwere (Wahyono, 2003). Sementara itu Bodnar (2004) mengatakan bahwa sistem Informasi berbasis komputer  merupakan sekelompok perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancangkan untuk mengubah data menjadi yang bermanfaat.

Adapun  manfaat utama dari sistem informasi berbasis komputer bagi manusia yaitu
a. Membuat pekerjaan jadi lebih efisisen atau hemat waktu (Time saving).

b. Membuat pekerjaan manusia menjadi lebih ekonomis atau hemat biaya (Cost Saving)
c.  Sebagai pengembangan teknologi (Technology Devolopment) serta
d. Untuk pengembangan manajemen manusia itu sendiri.


Lebih lanjut lagi Bodnar dan Hoopwood (2004)mengemukakan beberapa jenis dari sistem informasi berbasis komputer antara lain adalah: 
a. sistem pengolahan data elektronik adalah pemanfaatan teknologi komputer untuk melakukan pengolahan data transaksi-transaksi dalam suatu organisasi
b. Sistem informasi manajemen menguraikan penggunaan teknologi komputer untuk menyediakan informasi bagi pengambilan keputusan para manajer atau dalam mengontrol dan mengatur suatu organisasi dan manejemen perusahaaan.
c. Sistem pendukung keputusan yaitu dalam sistem ini data diproses kedalam format pengambilan keputusan bagi kepentingan pemakai akhir. Sistem ini mensyaratkan pengunaan model-model keputusan dan basis data khusus, dan benar-benar terpisah dari sistem pengolahan data.
d. Sistem pakar adalah sistem informasi berbasis aplikasi tertentu untuk bertindak seperti seorang konsultan ahli bagi pemakainya 
e.Sistem informasi eksekutif adalah sistem yang dibuat untuk kebutuhan manajemen strategi tingkat puncak.
f. Sistem informasi akuntansi adalah sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi

Refrensi

Azhar Susanto, 2004, Sistem Informasi Akuntansi Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Bandung : Lingga Jaya.
Bodnar, G. H., Hoopwood, W. diterjemahkan oleh Amir Abadi Jusuf, 2003. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ketujuh, Jakarta : Salemba Empat
Gaol, Jimmy Lbn. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: PT.Grasindo. 
Leitch, R. A. (1983). Accounting Information System. New Jersey: Prentice Hall. Inc.
Teguh. W (2003). Era Globalisasi dan Pentingnya CBIS dalam berkompetensi. Bandung: Kuliah berseri ilmu komputer. Unpad.

No comments: