PENGERTIAN STRES
Arti Penting Stres
Pada
dasarnya manusia tidak pernah luput dari masalah baik itu di lingkungan
sekitar, keluarga, hubungan pertemanan, fakto pribadi dan organisasi dan lain
sebagainya. Stres adalah suatu masalah yang dirasakan oleh seorang individu
yang dirasakanya menekan, mengangu dan masalah yang dihadapi suatu individu
terasa sangat berat melampaui akan batas kekuatannya untuk melakukan coping maupun menangungnya sehingga
muncul tekanan dan ganguan pada dirinya. Stress dalam arti secara umum adalah
perasaan tertekan, cemas dan tegang. Dalam bahasa sehari – hari stres di kenal
sebagai stimulus atau respon yang menuntut individu untuk melakukan penyesuaian.
Menurut Levy, Dignan, dan Shifers (dalam
Astuti,2003) mengatakan bahwa stres merupakan beberapa reaksi fisik dan
psikologis yang ditunjukkan seseorang dalam merespon beberapa perubahan yang
mengancam dari lingkungannnya yang disebut stresor.
dasarnya manusia tidak pernah luput dari masalah baik itu di lingkungan
sekitar, keluarga, hubungan pertemanan, fakto pribadi dan organisasi dan lain
sebagainya. Stres adalah suatu masalah yang dirasakan oleh seorang individu
yang dirasakanya menekan, mengangu dan masalah yang dihadapi suatu individu
terasa sangat berat melampaui akan batas kekuatannya untuk melakukan coping maupun menangungnya sehingga
muncul tekanan dan ganguan pada dirinya. Stress dalam arti secara umum adalah
perasaan tertekan, cemas dan tegang. Dalam bahasa sehari – hari stres di kenal
sebagai stimulus atau respon yang menuntut individu untuk melakukan penyesuaian.
Menurut Levy, Dignan, dan Shifers (dalam
Astuti,2003) mengatakan bahwa stres merupakan beberapa reaksi fisik dan
psikologis yang ditunjukkan seseorang dalam merespon beberapa perubahan yang
mengancam dari lingkungannnya yang disebut stresor.
Dari sudut pandang ilmu
kedokteran, menurut Hans Selye seorang fisiologi dan pakar stress yang dimaksud
dengan stress adalah suatu respon tubuh yang tidak spesifik terhadap aksi atau
tuntutan atasnya. Jadi merupakan respon automatik tubuh yang bersifat adaptif
pada setiap perlakuan yang menimbulkan perubahan fisis atau emosi yang
bertujuan untuk mempertahankan kondisi fisis yang optimal suatu organisme. Sedangkan
dari sudut pandang psikologis stress didefinisikan sebagai suatu keadaan
internal yang disebabkan oleh kebutuhan psikologis tubuh atau disebabkan oleh
situasi lingkungan atau sosial yang potensial berbahaya, memberikan tantangan,
menimbukan perubaha-perubahan atau
memerlukan mekanisme pertahanan seseorang. Suwondo (1996) mendifinisikan stess
sebagai suatu keadaan psikologik yang merupakan representatif dari transaksi
khas dan problematika antara seseorang dengan lingkungannya.
kedokteran, menurut Hans Selye seorang fisiologi dan pakar stress yang dimaksud
dengan stress adalah suatu respon tubuh yang tidak spesifik terhadap aksi atau
tuntutan atasnya. Jadi merupakan respon automatik tubuh yang bersifat adaptif
pada setiap perlakuan yang menimbulkan perubahan fisis atau emosi yang
bertujuan untuk mempertahankan kondisi fisis yang optimal suatu organisme. Sedangkan
dari sudut pandang psikologis stress didefinisikan sebagai suatu keadaan
internal yang disebabkan oleh kebutuhan psikologis tubuh atau disebabkan oleh
situasi lingkungan atau sosial yang potensial berbahaya, memberikan tantangan,
menimbukan perubaha-perubahan atau
memerlukan mekanisme pertahanan seseorang. Suwondo (1996) mendifinisikan stess
sebagai suatu keadaan psikologik yang merupakan representatif dari transaksi
khas dan problematika antara seseorang dengan lingkungannya.
Menurut Wangsa ( 2010) istilah
stres berasal dari kata “stringere “
yang mempunyai arti ketegangan, dan tekanan. Stres merupakan reaksi yang
tidak diharapkan yang muncul disebabkan oleh tingginya tuntutan lingkungan
kepada seseorang. Dimana harmoni atau keseimbangan antara kekuatan dan
kemampuannya terganggu. Sedangakan menurut wikpedia bahasa Indonesia Stresadalah suatu kondisi anda yang dinamis
saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang
terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya
dipandang tidak pasti dan penting.[1] Stress adalah beban rohani yang melebihi
kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol
secara sehat.
stres berasal dari kata “stringere “
yang mempunyai arti ketegangan, dan tekanan. Stres merupakan reaksi yang
tidak diharapkan yang muncul disebabkan oleh tingginya tuntutan lingkungan
kepada seseorang. Dimana harmoni atau keseimbangan antara kekuatan dan
kemampuannya terganggu. Sedangakan menurut wikpedia bahasa Indonesia Stresadalah suatu kondisi anda yang dinamis
saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang
terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya
dipandang tidak pasti dan penting.[1] Stress adalah beban rohani yang melebihi
kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol
secara sehat.
Definisi stress menurut para ahli
a.
Lazarus
dan folkman stres adalah keadaan internal yang dapat diakibatkan oleh
tuntutan fisik dari tubuh(kondisi penyakit, latihan, dll) atau diakibatkan
kondisi lingkumgan dan sosial yang dinilai potensial membahayakan, tidak
terkendali atau melebihi kemampuan individu untik melakukan coping.
Lazarus
dan folkman stres adalah keadaan internal yang dapat diakibatkan oleh
tuntutan fisik dari tubuh(kondisi penyakit, latihan, dll) atau diakibatkan
kondisi lingkumgan dan sosial yang dinilai potensial membahayakan, tidak
terkendali atau melebihi kemampuan individu untik melakukan coping.
b.
Pandji Anoraga (2001:108), stres kerja adalah suatu
bentuk tanggapan seseorang, baik fisik maupun mental terhadap suatu perubahan
dilingkunganya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam.
Pandji Anoraga (2001:108), stres kerja adalah suatu
bentuk tanggapan seseorang, baik fisik maupun mental terhadap suatu perubahan
dilingkunganya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam.
c.
Menurut Baron & Greenberg (dikutip oleh
Veithzal Rivai & Deddy
Menurut Baron & Greenberg (dikutip oleh
Veithzal Rivai & Deddy
Mulyadi, 2003:308) adalah “reaksi-reaksi emosional dan
psikologis yang terjadi pada situasi dimana tujuan individu mendapat halangan
dan tidak bisa mengatasinya”
psikologis yang terjadi pada situasi dimana tujuan individu mendapat halangan
dan tidak bisa mengatasinya”
d. Veithzal & Ella Jauvani Sagala
(2009:1008) adalah “suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya
ketidakseimbangan fisik dan psikis, yang mempengaruhi emosi, proses berfikir,
(2009:1008) adalah “suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya
ketidakseimbangan fisik dan psikis, yang mempengaruhi emosi, proses berfikir,
e.
Sarwono (dalam Natalia, 2007) : “stres adalah
kondisi kejiwaan ketika jiwa itu mendapat beban.”
Sarwono (dalam Natalia, 2007) : “stres adalah
kondisi kejiwaan ketika jiwa itu mendapat beban.”
f. Hans Selye (dalam Santrock, 2003 : 557) : stres
adalah kerusakan yang dialami tubuh akibat berbagai tuntutan yang ditempatkan
padanya.
adalah kerusakan yang dialami tubuh akibat berbagai tuntutan yang ditempatkan
padanya.
g. Spielberger (dalam Handoyo dikutip Natalia,
2007) : “stres adalah tuntutan-tuntutan eksternal yang mengenai seseorang,
misalnya obyek-obyek dalam lingkungan atau suatu stimulus yang secara obyektif
adalah berbahaya. Stres juga biasa diartikan sebagai tekanan, ketegangan atau
gangguan yang tidak menyenangkan yang berasal dari luar diri seseorang.”
2007) : “stres adalah tuntutan-tuntutan eksternal yang mengenai seseorang,
misalnya obyek-obyek dalam lingkungan atau suatu stimulus yang secara obyektif
adalah berbahaya. Stres juga biasa diartikan sebagai tekanan, ketegangan atau
gangguan yang tidak menyenangkan yang berasal dari luar diri seseorang.”
h. Maramis (dalam Doelhadi,1977) yang mengatakan
bahwa stres adalah segala masalah atau tuntutan penyesuaian diri yang bila
tidak diatasi dengan baik, akan mengganggu keseimbangan hidup dari manusia.
bahwa stres adalah segala masalah atau tuntutan penyesuaian diri yang bila
tidak diatasi dengan baik, akan mengganggu keseimbangan hidup dari manusia.
Jadi dari beberapa pengertian stress
diatas suatu keadaan dimana individu yang mengalami suatu masalah, tekanan
emosi dan sebagainya merespon stimulus akan
kondisi tersebut. Namun tak menutp kemungkina bahwa stress juga menimbulkan
suatu hal yang positif atau yang sering disebut dengan stress yang positif.
diatas suatu keadaan dimana individu yang mengalami suatu masalah, tekanan
emosi dan sebagainya merespon stimulus akan
kondisi tersebut. Namun tak menutp kemungkina bahwa stress juga menimbulkan
suatu hal yang positif atau yang sering disebut dengan stress yang positif.
Menurut Lazarus & Folkman (1986) stres
memiliki memiliki tiga bentuk yaitu:
memiliki memiliki tiga bentuk yaitu:
1. Stimulus, yaitu stres
merupakan kondisi atau kejadian tertentu yang menimbulkan stres atau disebut
juga dengan stressor.
merupakan kondisi atau kejadian tertentu yang menimbulkan stres atau disebut
juga dengan stressor.
2. Respon, yaitu stres yang
merupakan suatu respon atau reaksi individu yang muncul karena adanya situasi
tertentu yang menimbulkan stres. Respon yang muncul dapat secara psikologis,
seperti: jantung berdebar, gemetar, pusing, serta respon psikologis seperti:
takut, cemas, sulit berkonsentrasi, dan mudah tersinggung.
merupakan suatu respon atau reaksi individu yang muncul karena adanya situasi
tertentu yang menimbulkan stres. Respon yang muncul dapat secara psikologis,
seperti: jantung berdebar, gemetar, pusing, serta respon psikologis seperti:
takut, cemas, sulit berkonsentrasi, dan mudah tersinggung.
3. Proses, yaitu stres
digambarkan sebagai suatu proses dimana individu secara aktif dapat
mempengaruhi dampak stres melalui strategi tingkah laku, kognisi maupun afeksi.
digambarkan sebagai suatu proses dimana individu secara aktif dapat
mempengaruhi dampak stres melalui strategi tingkah laku, kognisi maupun afeksi.
Ø
Berdasarkan berbagai penjelasan diatas dapat
disimpulkan bahwa stress merupakan suatu keadaan yang menekan diri individu.
Stress terjadi karena antara keinginan dan harapan tidak sesuai. Stressor atau
penyebab stress sendiri bisa terjadi karena 3 faktor yaitu:
a. faktor eksternal atau lingkungan Berdasarkan berbagai penjelasan diatas dapat
disimpulkan bahwa stress merupakan suatu keadaan yang menekan diri individu.
Stress terjadi karena antara keinginan dan harapan tidak sesuai. Stressor atau
penyebab stress sendiri bisa terjadi karena 3 faktor yaitu:
b. faktor
internal (psikologis)
c. faktor
biologis
Coping stress
Individu dari
semua umur mengalami stres dan mencoba untuk mengatasinya. Karena ketegangan
fisik dan emosional yang menyertai stres menimbulkan ketidaknyaman, seseorang
menjadi termotivasi untuk melakukan sesuatu untuk mengurangi stres. (dalam
Jusung, 2006).
semua umur mengalami stres dan mencoba untuk mengatasinya. Karena ketegangan
fisik dan emosional yang menyertai stres menimbulkan ketidaknyaman, seseorang
menjadi termotivasi untuk melakukan sesuatu untuk mengurangi stres. (dalam
Jusung, 2006).
Jika stress pada
individu tidak tertangani maka bukan tidak mungkin stress tersebut akan membuat
orang menjadi frustasi. Tingkatan stress pada individu satu sama lain pasti
berbeda, individual differences tersebut yaitu adanya faktor jenis kelamin,
usia, tingkah laku, intelegensi, afeksi, budaya, dll. Karena stress adalah hal
yang alamiah maka bukanlah ketakutan berlebihan yang harus terjadi ketika
stress datang. Malah kita harus menjadikan stress sebagai tantangan untuk kita
agar kita bisa mengelola stress itu dengan baik karena jika stress bisa
dikelola dengan baik, stress tersebut akan bisa menjadi bermanfaat untuk
kehidupan kita. Cara mengatasi stress biasa disebut dengan Coping Stress.
individu tidak tertangani maka bukan tidak mungkin stress tersebut akan membuat
orang menjadi frustasi. Tingkatan stress pada individu satu sama lain pasti
berbeda, individual differences tersebut yaitu adanya faktor jenis kelamin,
usia, tingkah laku, intelegensi, afeksi, budaya, dll. Karena stress adalah hal
yang alamiah maka bukanlah ketakutan berlebihan yang harus terjadi ketika
stress datang. Malah kita harus menjadikan stress sebagai tantangan untuk kita
agar kita bisa mengelola stress itu dengan baik karena jika stress bisa
dikelola dengan baik, stress tersebut akan bisa menjadi bermanfaat untuk
kehidupan kita. Cara mengatasi stress biasa disebut dengan Coping Stress.
Definisi Coping stress
Lazarus &
Folkman (1986) mendefenisikan coping sebagai segala usaha untuk mengurangi
stres, yang merupakan proses pengaturan atau tuntutan (eksternal maupun
internal) yang dinilai sebagai beban yang melampaui kemampuan seseorang. Pandangan
yang sama juga dikemukakan oleh Taylor (dalam Baron & Byrne, 2005) yang
menganggap Coping sebagai cara
Folkman (1986) mendefenisikan coping sebagai segala usaha untuk mengurangi
stres, yang merupakan proses pengaturan atau tuntutan (eksternal maupun
internal) yang dinilai sebagai beban yang melampaui kemampuan seseorang. Pandangan
yang sama juga dikemukakan oleh Taylor (dalam Baron & Byrne, 2005) yang
menganggap Coping sebagai cara
individu untuk
mengatasi atau menghadapi ancaman-ancaman dan konsekuensi emosional dari
ancaman-ancaman tersebut
mengatasi atau menghadapi ancaman-ancaman dan konsekuensi emosional dari
ancaman-ancaman tersebut
Menurut Sarafino
(2006) usaha coping sangat bervariasi dan tidak selalu dapat membawa pada
solusi dari suatu masalah yang menimbulkan situasi stres. Individu melakukan
proses coping terhadap stres melalui proses transaksi denganlingkungan, secara
perilaku dan kognitif. Sarafino (2006) menambahkan bahwa Coping adalah proses
dimana individu melakukan usaha untuk mengatur (management) situasi yang
dipersepsikan adanya kesenjangan antara usaha (demands) dan kemampuan
(resources) yang dinilai sebagai penyebab munculnya situasi stress.
(2006) usaha coping sangat bervariasi dan tidak selalu dapat membawa pada
solusi dari suatu masalah yang menimbulkan situasi stres. Individu melakukan
proses coping terhadap stres melalui proses transaksi denganlingkungan, secara
perilaku dan kognitif. Sarafino (2006) menambahkan bahwa Coping adalah proses
dimana individu melakukan usaha untuk mengatur (management) situasi yang
dipersepsikan adanya kesenjangan antara usaha (demands) dan kemampuan
(resources) yang dinilai sebagai penyebab munculnya situasi stress.
- Berdasarkan
pernyataan-pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa Coping stres adalah suatu
upaya yang dilakukan individu untuk mengurangi mentoleransi, atau mengatasi
stress yang ditimbulkan oleh sumber stres yan dianggap membebani individu.
Menurut Lazarus
dan Folkman, ada 2 jenis strategi coping
stres, yaitu :
dan Folkman, ada 2 jenis strategi coping
stres, yaitu :
1.
Emotional-Focused Coping
Emotional-Focused Coping
Coping ini
bertujuan untuk melakukan kontrol terhadap respon emosional terhadap situasi
penyebab stres, baik dalam pendekatan secara behavioral maupun kognitif.
Lazarus dan Folkman (1986) mengemukakan bahwa individu cenderung menggunakan
Emotional-Focused Coping ketika individu memiliki persepsi bahwa stresor yang
ada tidak dapat diubah atau diatasi. Berikut adalah aspek-aspeknya:
bertujuan untuk melakukan kontrol terhadap respon emosional terhadap situasi
penyebab stres, baik dalam pendekatan secara behavioral maupun kognitif.
Lazarus dan Folkman (1986) mengemukakan bahwa individu cenderung menggunakan
Emotional-Focused Coping ketika individu memiliki persepsi bahwa stresor yang
ada tidak dapat diubah atau diatasi. Berikut adalah aspek-aspeknya:
a.
Self Control, merupakan suatu bentukdalam
penyelesaian masalah dengan cara mengendalikan dri,menahan diri, mengatur perasaan,
maksudnya selalu teliti dan tidak tergesa dalam mengambil tindakan.
Self Control, merupakan suatu bentukdalam
penyelesaian masalah dengan cara mengendalikan dri,menahan diri, mengatur perasaan,
maksudnya selalu teliti dan tidak tergesa dalam mengambil tindakan.
b.
Seeking
Social Support (For Emotional Reason), adalah suatu cara yang dilakukan
individu dalam menghadap masalahnya dengan cara mencari dukungan sosial pada
keluarga atau lingkungan sekitar, bisa berupa simpati dan perhatian.
Seeking
Social Support (For Emotional Reason), adalah suatu cara yang dilakukan
individu dalam menghadap masalahnya dengan cara mencari dukungan sosial pada
keluarga atau lingkungan sekitar, bisa berupa simpati dan perhatian.
c.
Positive
Reinterpretation, respon dari suatu individu
dengan cara merubah dan mengembangkan dalam kepribadiannya, atau mencoba
mengambil pandangan positif dari sebuah masalah (hikmah),
Positive
Reinterpretation, respon dari suatu individu
dengan cara merubah dan mengembangkan dalam kepribadiannya, atau mencoba
mengambil pandangan positif dari sebuah masalah (hikmah),
d.
Acceptance, berserah diri, individu menerima
apa yang terjadi padanya atau pasrah, karena dia sudah beranggapan tiada hal
yang bisa dilakukannya lagi untuk memecahkan masalahnya.
Acceptance, berserah diri, individu menerima
apa yang terjadi padanya atau pasrah, karena dia sudah beranggapan tiada hal
yang bisa dilakukannya lagi untuk memecahkan masalahnya.
e. Denial
(avoidance), pengingkaran, suatu cara individu dengan berusaha menyanggah dan mengingkari
dan melupakan masalah-masalah yang ada pada dirinya
(avoidance), pengingkaran, suatu cara individu dengan berusaha menyanggah dan mengingkari
dan melupakan masalah-masalah yang ada pada dirinya
2.
Problem-Focused Coping,
Problem-Focused Coping,
Coping ini
bertujuan untuk mengurangi dampak dari situasi stres atau memperbesar sumber
daya dan usaha untuk menghadapi stres. Lazarus dan Folkman (1986) mengemukakan
bahwa individu cenderung menggunakan Problem Focused Coping ketika individu
memiliki persepsi bahwa stressor yang ada dapat diubah. Aspek-aspek yang
digunakan individu, yaitu :
bertujuan untuk mengurangi dampak dari situasi stres atau memperbesar sumber
daya dan usaha untuk menghadapi stres. Lazarus dan Folkman (1986) mengemukakan
bahwa individu cenderung menggunakan Problem Focused Coping ketika individu
memiliki persepsi bahwa stressor yang ada dapat diubah. Aspek-aspek yang
digunakan individu, yaitu :
a.
Distancing , ini adalah suatu bentuk coping yang
sering kita temui, yaitu usaha untuk menghindar dari permasalahan dan
menutupinya dengan pandangan yang positf, dan seperti menganggap remeh/lelucon
suatu masalah .
Distancing , ini adalah suatu bentuk coping yang
sering kita temui, yaitu usaha untuk menghindar dari permasalahan dan
menutupinya dengan pandangan yang positf, dan seperti menganggap remeh/lelucon
suatu masalah .
b. Planful
Problem Solving, atau perencanaan, individu membentuk suatu strategi dan
perencanaan menghilangkan dan mengatasi stress, dengan melibatkan tindakan yang
teliti, berhati-hati, bertahap dan analitis.
Problem Solving, atau perencanaan, individu membentuk suatu strategi dan
perencanaan menghilangkan dan mengatasi stress, dengan melibatkan tindakan yang
teliti, berhati-hati, bertahap dan analitis.
c. Positive Reapraisal, yaitu usah untuk mencar
makna positif dari permasalahan dengan pengembangan diri, dan stategi ini
terkadang melibatkan hal-hal religi.
makna positif dari permasalahan dengan pengembangan diri, dan stategi ini
terkadang melibatkan hal-hal religi.
d. Self
Control, merupakan suatu bentukdalam penyelesaian masalah dengan cara menahan
diri, mengatur perasaan, maksudnya selalu teliti dan tidak tergesa dalam
mengambil tindakan.
Control, merupakan suatu bentukdalam penyelesaian masalah dengan cara menahan
diri, mengatur perasaan, maksudnya selalu teliti dan tidak tergesa dalam
mengambil tindakan.
e. Escape, usaha untuk menghilangkan stress dengan
melarikan diri dari masalah, dan beralih pada hal-hal lain, seperti merokok,
narkoba, makan banyak dll.
melarikan diri dari masalah, dan beralih pada hal-hal lain, seperti merokok,
narkoba, makan banyak dll.
Teori Kepribadian Sehat menurut
Allport dan Carl Rogers
1. Allport
Menurut Allport,
individu-individu yang sehat dikatakan mempunyai fungsi yang baik pada tingkat
rasional dan sadar. Menyadari sepenuhnya kekuatan-kekuatan yang membimbing
mereka dan dapat mengontrol kekuatan-kekuatan itu juga. Kepribadian yang matang
tidak dikontrol oleh trauma-trauma dan konflik-konflik masa kanak-kanak. Dimana
orang-orang yang neurotis terikat dan terjalin erat pada
pengalaman-pengalamanmasa kanak-kanak, berbeda dengan orang-orang yang sehat
yang bebas dari paksaan-paksaan masa lampau. Pandangan orang sehat adalah ke
depan, kepada peristiwa-peristiwa kontemporer dan peristiwa-peristiwa yang akan
datang, dan tidak mundur kembali kepada peristiwa-peristiwa masa kanak-kanak.
Segi pandangan yang sehat ini memberi jauh lebih banyak kebebasan dalam memilih
dan bertindak. Orang yang matang dan sehat juga akan terus menerus membutuhkan
motif-motif kekuatan dan daya hidup yang cukup untuk menghabiskan
energi-energinya. Pada tahap perkembangan manapun, setiap individu harus
menemukan minat-minat dan impian-impian baru. Energi tersebut harus diarahkan
pada setiap tahap agar mencapai suatu kepribadian yang sehat. Contohnya seorang
remaja membutuhkan penyaluran-penyaluran atas energinya agar terhindar dari
kepribadian yang tidak sehat. Energi itu harus menemukan jalan keluar, dan
apabila energi tidak diungkapkan secara konstruktif maka mungkin energi akan
dilepaskan secara destruktif. Dimana beberapa anak yang kekurangan tujuan-tujuan yang
berarti dan konstruktif untuk menghabiskan energi mereka, menyebabkan masalah
kenakalan. Dorongan yang bersifat konstruktif adalah sangat penting bagi
orang-orang yang sehat secara psikologis. Orang-orang yang demikian mengejar
secara aktif tujuan-tujuan, harapan-harapan, dan impian-impian, dan kehidupan
mereka dibimbing oleh suatu perasaan akan maksud, dedikasi, dan komitmen.
Pengejaran terhadap suatu tujuan tidak pernah berakhir; apabila suatu tujuan
harus dibuang, maka suatu motif yang baru harus cepat dibentuk. Orang yang
sehat melihat ke masa depan dan hidup dalam masa depan.
individu-individu yang sehat dikatakan mempunyai fungsi yang baik pada tingkat
rasional dan sadar. Menyadari sepenuhnya kekuatan-kekuatan yang membimbing
mereka dan dapat mengontrol kekuatan-kekuatan itu juga. Kepribadian yang matang
tidak dikontrol oleh trauma-trauma dan konflik-konflik masa kanak-kanak. Dimana
orang-orang yang neurotis terikat dan terjalin erat pada
pengalaman-pengalamanmasa kanak-kanak, berbeda dengan orang-orang yang sehat
yang bebas dari paksaan-paksaan masa lampau. Pandangan orang sehat adalah ke
depan, kepada peristiwa-peristiwa kontemporer dan peristiwa-peristiwa yang akan
datang, dan tidak mundur kembali kepada peristiwa-peristiwa masa kanak-kanak.
Segi pandangan yang sehat ini memberi jauh lebih banyak kebebasan dalam memilih
dan bertindak. Orang yang matang dan sehat juga akan terus menerus membutuhkan
motif-motif kekuatan dan daya hidup yang cukup untuk menghabiskan
energi-energinya. Pada tahap perkembangan manapun, setiap individu harus
menemukan minat-minat dan impian-impian baru. Energi tersebut harus diarahkan
pada setiap tahap agar mencapai suatu kepribadian yang sehat. Contohnya seorang
remaja membutuhkan penyaluran-penyaluran atas energinya agar terhindar dari
kepribadian yang tidak sehat. Energi itu harus menemukan jalan keluar, dan
apabila energi tidak diungkapkan secara konstruktif maka mungkin energi akan
dilepaskan secara destruktif. Dimana beberapa anak yang kekurangan tujuan-tujuan yang
berarti dan konstruktif untuk menghabiskan energi mereka, menyebabkan masalah
kenakalan. Dorongan yang bersifat konstruktif adalah sangat penting bagi
orang-orang yang sehat secara psikologis. Orang-orang yang demikian mengejar
secara aktif tujuan-tujuan, harapan-harapan, dan impian-impian, dan kehidupan
mereka dibimbing oleh suatu perasaan akan maksud, dedikasi, dan komitmen.
Pengejaran terhadap suatu tujuan tidak pernah berakhir; apabila suatu tujuan
harus dibuang, maka suatu motif yang baru harus cepat dibentuk. Orang yang
sehat melihat ke masa depan dan hidup dalam masa depan.
2. Carl Rogers
Carl Rogers adalah seorang
psikolog yang terkenal dengan pendekatan terapi klinis yang berpusat pada klien
(client centered). Rogers kemudian menyusun teorinya dengan pengalamannya
sebagai terapis selama bertahun-tahun. Teori Rogers mirip dengan pendekatan
Freud, namun pada hakikatnya Rogers berbeda dengan Freud karena Rogers
menganggap bahwa manusia pada dasarnya baik atau sehat. Dengan kata lain,
Rogers memandang kesehatan mental sebagai proses perkembangan hidup alamiah,
sementara penyakit jiwa, kejahatan, dan persoalan kemanusiaan lain dipandang
sebagai penyimpangan dari kecenderungan alamiah. Ide pokok dari teori – teori
Rogers yaitu individu memiliki kemampuan dalam diri sendiri untuk mengerti
diri, menentukan hidup, dan menangani masalah–masalah psikisnya asalkan
konselor menciptakan kondisi yang dapat mempermudah perkembangan individu untuk
aktualisasi diri. Menurut Rogers motivasi orang yang sehat adalah aktualisasi
diri. Jadi manusia yang sadar dan rasional tidak lagi dikontrol oleh peristiwa
kanak-kanak seperti yang diajukan oleh aliran Freudian, misalnya toilet
trainning, penyapihan ataupun pengalaman seksual sebelumnya. Rogers lebih
melihat pada masa sekarang, dia berpendapat bahwa masa lampau memang akan
mempengaruhi cara bagaimana seseorang memandang masa sekarang yang akan
mempengaruhi juga kepribadiannya. Namun ia tetap berfokus pada apa yang terjadi
sekarang bukan apa yang terjadi pada waktu itu.
psikolog yang terkenal dengan pendekatan terapi klinis yang berpusat pada klien
(client centered). Rogers kemudian menyusun teorinya dengan pengalamannya
sebagai terapis selama bertahun-tahun. Teori Rogers mirip dengan pendekatan
Freud, namun pada hakikatnya Rogers berbeda dengan Freud karena Rogers
menganggap bahwa manusia pada dasarnya baik atau sehat. Dengan kata lain,
Rogers memandang kesehatan mental sebagai proses perkembangan hidup alamiah,
sementara penyakit jiwa, kejahatan, dan persoalan kemanusiaan lain dipandang
sebagai penyimpangan dari kecenderungan alamiah. Ide pokok dari teori – teori
Rogers yaitu individu memiliki kemampuan dalam diri sendiri untuk mengerti
diri, menentukan hidup, dan menangani masalah–masalah psikisnya asalkan
konselor menciptakan kondisi yang dapat mempermudah perkembangan individu untuk
aktualisasi diri. Menurut Rogers motivasi orang yang sehat adalah aktualisasi
diri. Jadi manusia yang sadar dan rasional tidak lagi dikontrol oleh peristiwa
kanak-kanak seperti yang diajukan oleh aliran Freudian, misalnya toilet
trainning, penyapihan ataupun pengalaman seksual sebelumnya. Rogers lebih
melihat pada masa sekarang, dia berpendapat bahwa masa lampau memang akan
mempengaruhi cara bagaimana seseorang memandang masa sekarang yang akan
mempengaruhi juga kepribadiannya. Namun ia tetap berfokus pada apa yang terjadi
sekarang bukan apa yang terjadi pada waktu itu.
Sumber
Feist, J., Fiest, G. J. (2010).
Theories Of Personality. 7th ed. Boston: Mc Graw Hill.
Theories Of Personality. 7th ed. Boston: Mc Graw Hill.
http://kajianpsikologi.blogspot.com/2012/02/definisi-stres.html
No comments:
Post a Comment