Wednesday, January 22, 2014

Publikasi Online dan tips tips dalam publuikasi online


Publikasi Online 


Secara terminologi, publikasi berarti penyiaran, pengumuman atau penerbitan. Sedangkan menurut Kamus Istilah Periklanan Indonesia, publikasi adalah setiap materi yang dicetak, diterbitkan, serta diedarkan untuk disampaikan pada khalayak umum dalam format apapun seperti majalah, surat kabar  dan media elektronik. (Nuradi, 1 996:136). Ton Kertapati menjelaskan dalam bukunya Dasar-Dasar Publisistik Dalam Perkembangannya Di Indonesia Menjadi Ilmu Komunikasi bahwa istilah publisistik berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. Maka publikasi merupakan suatu kegiatan menyiarkan, menerbitkan dan menyampaikan suatu materi , seperti ide, gagasan, dan informasi untuk disampaikan pada khalayak umum . Dari penjelasan tersebut, cetak sesuatu hal yang disiarkan melalui media elektronik atau juga di terbitkan di media cetak
Sedangkan Online suatu keadaan dimana Komputer atau device terhubung terkoneksi aktif dan siap untuk berkomunikasi dengan jaringan internet dan biasanya mengunakan modem atau wi fi sebagai medianya.
Jadi Publikasi online merupakan rangkaian informasi dan pesan yang diumumkan secara online dalam dunia internet dengan mengunakan media elektronik dan komputer.
Manfaat yang didapat dari Publikasi Online
Seiring kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin maju maka publikasi secara online merupakan sarana yang paling efektif dan efisien dalam melakukan kegiatan pemasaaran, pengiklanan dan untuk memuat suatu penytampaian pesan yang dengan mudah diakses dan di lihat oleh khalayak ramai. Contohnya kalau anda atau saya mau menjual barang atau menawarkan suatu jasa maka kita tidak perlu lagi repot repot pergi kesana kamari menjajalkan barang kita ke orang lain namun dnengan publiksai online kita dapat memasang ioklan dan membuatnya semanarik mungkin untuk kita muat di situs internet. Yang dapat juga memudahklan bagi para pembeli untuk memesanya dan membelinya secara online maka pekerjaan kita kan lebih mudah dan dapat lebih menguntungkan..?

Tips tips dalam melakukan Publikasi Online


1.   Ketahui Ruang Lingkup Sasaran
Hal yang pertama dan wajib untuk kita lakukan yaitu sebelum kita memasarkan barang atau menyiarkan suatu informasi kita harus mengetahui  dan nmengenali target sasaran istilahnya adalah kalu kamu mau menjual  sepatu bola janganlah kamu jual di Biarawan sholin namun lihatlah sasarannya yaitu para olahragawan di tempat latihan mereka. Kalau kita mau mempublikasikan sesuatu hanya dalam lingkup kelurahan jangan lah kita mempublikasikannya dalam lingkup regional apalagi internasional.
2.   Kenali Perilaku Sasaran
Kenalilah sasaran target kita seperti kalau di Papua masyarakyatnya  senang dangan berburu maka ada baiknya kita menjual senapan angin yang modern namun tidak berbahaya janganlah kita pasarkan mobil modern. Atau jika di masyarakyat Manado ,e,punyai hobbi tracking dan jalan-jalan maka ada baiknya kita menawarkan barang barang yang bisa memenuhi hasrat mereka untuk itu atau memberikan tawaran jasa seperti travel agent dan lain-lain.
3.   Lakukan pada Saat Primetime
Jejaring social seperti facebook<twiter dan  Friendster merupakan media yang sangat efektif dalam mempublikasikan sebua wacana kita. Berdasarkan riset dimana pada saat sat sekitar pukul 19:30-22:30 merupakan saat sat dimana di katakana sebagai prime time atau waktu dimana banyak orang yang  lagi saatnya terhubung dalam koneksi internet maka saat itulah kitorang bisa memasukan publikasi kita secara gencar.

ETIKA DALAM BERINTERNET 

Manusia pada dasarnya adalah mahluk yang mempunyai nilai moral dan etika maka sebagaimana juga dalam memberikan publikasi secara online kita harus meninjau segi segi etika dalam berinternet mengingat para penggunanya merupakan pribadi-pribadi yang memiliki kepribadian dan kebudayaan yang berbeda satu dengan yang lain.. Etika mencakup bagaimana kita menuliskan suatu pesan dan bagaimana kita mengunakan tutur bahasa yang baik dan benar.
Etika computer ( computer Ethic) merupakan seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan computer sedangkan Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Atau  tata cara tertulis dalam sistim jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi.


Alasan alas an mengapa pentingnya etika dalam berinternet 

a. karena para penguna internet bukan hanya kamu saja taoi dari berbagai negara dan memiliki budaya,adat dan gaya bahasa yang berbeda beda.
b. penguna internet adalah manusia dan di internet pula adalah media dimana tidak mengharuskan identitas yang asli.
c.  Dengan fasilitas di internet yang memungkinkan beberapa orang dapat melakukan tidakan yang tidak etis
d. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.

Hal-hal yang dilarang dalam dunia maya

Tulisan yang mengandung SARA yang bertujuan untuk menghasut kelompok tertentu.
Konten-konten yang mengandung pornografi baik yang bergerak atau pun tidak.
Tulisan yang berisi kata-kata yang kasar dan tidak baik atau tulisan yang bersikap menteror seseorang.
Vandalisme yang dialkukan sengaja dan tidak bertanggung jawab.
Merubah dokumen asli tanpa seijin pemiliknya.
Mendukung peradaran software crack yang dapat diunduh bebas

Jadi, publikasi secara online atau melalui dunia maya itu banyak mendapatkan keuntungan, apabila kita bisa menggunakannya dengan baik dan mengikuti syarat yang ada.

Sumber


No comments: