Publikasi Online
Secara
terminologi, publikasi berarti penyiaran, pengumuman atau penerbitan. Sedangkan
menurut Kamus Istilah Periklanan Indonesia, publikasi adalah setiap materi yang
dicetak, diterbitkan, serta diedarkan untuk disampaikan pada khalayak umum
dalam format apapun seperti majalah, surat kabar dan media elektronik. (Nuradi, 1 996:136). Ton
Kertapati menjelaskan dalam bukunya Dasar-Dasar Publisistik Dalam
Perkembangannya Di Indonesia Menjadi Ilmu Komunikasi bahwa istilah publisistik
berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. Maka publikasi
merupakan suatu kegiatan menyiarkan, menerbitkan dan menyampaikan suatu materi
, seperti ide, gagasan, dan informasi untuk disampaikan pada khalayak umum . Dari
penjelasan tersebut, cetak sesuatu hal yang disiarkan melalui media elektronik atau
juga di terbitkan di media cetak
Sedangkan
Online suatu keadaan dimana Komputer atau device terhubung terkoneksi aktif dan
siap untuk berkomunikasi dengan jaringan internet dan biasanya mengunakan modem
atau wi fi sebagai medianya.
Jadi
Publikasi online merupakan rangkaian informasi dan pesan yang diumumkan secara
online dalam dunia internet dengan mengunakan media elektronik dan komputer.
Manfaat
yang didapat dari Publikasi Online
Seiring
kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin maju maka publikasi
secara online merupakan sarana yang paling efektif dan efisien dalam melakukan
kegiatan pemasaaran, pengiklanan dan untuk memuat suatu penytampaian pesan yang
dengan mudah diakses dan di lihat oleh khalayak ramai. Contohnya kalau anda
atau saya mau menjual barang atau menawarkan suatu jasa maka kita tidak perlu lagi
repot repot pergi kesana kamari menjajalkan barang kita ke orang lain namun
dnengan publiksai online kita dapat memasang ioklan dan membuatnya semanarik
mungkin untuk kita muat di situs internet. Yang dapat juga memudahklan bagi
para pembeli untuk memesanya dan membelinya secara online maka pekerjaan kita
kan lebih mudah dan dapat lebih menguntungkan..?
Tips tips dalam melakukan Publikasi Online
1.
Ketahui
Ruang Lingkup Sasaran
Hal yang pertama dan wajib
untuk kita lakukan yaitu sebelum kita
memasarkan barang atau menyiarkan suatu informasi kita harus mengetahui dan nmengenali target sasaran istilahnya
adalah kalu kamu mau menjual sepatu bola
janganlah kamu jual di Biarawan sholin namun lihatlah sasarannya yaitu para
olahragawan di tempat latihan mereka. Kalau kita mau mempublikasikan sesuatu
hanya dalam lingkup kelurahan jangan lah kita mempublikasikannya dalam lingkup
regional apalagi internasional.
2.
Kenali
Perilaku Sasaran
Kenalilah sasaran target
kita seperti kalau di Papua masyarakyatnya senang dangan berburu maka ada baiknya kita
menjual senapan angin yang modern namun tidak berbahaya janganlah kita pasarkan
mobil modern. Atau jika di masyarakyat Manado, mempunyai hobbi tracking dan
jalan-jalan maka ada baiknya kita menawarkan barang barang yang bisa memenuhi
hasrat mereka untuk itu atau memberikan tawaran jasa seperti travel agent dan
lain-lain.
3.
Lakukan
pada Saat Primetime
Jejaring social seperti
facebook<twiter dan Friendster merupakan
media yang sangat efektif dalam mempublikasikan sebua wacana kita. Berdasarkan
riset dimana pada saat sat sekitar pukul 19:30-22:30 merupakan saat sat dimana
di katakana sebagai prime time atau waktu dimana banyak orang yang lagi saatnya terhubung dalam koneksi internet
maka saat itulah kitorang bisa memasukan publikasi kita secara gencar.
ETIKA
DALAM BERINTERNET
Manusia
pada dasarnya adalah mahluk yang mempunyai nilai moral dan etika maka
sebagaimana juga dalam memberikan publikasi secara online kita harus meninjau
segi segi etika dalam berinternet mengingat para penggunanya merupakan
pribadi-pribadi yang memiliki kepribadian dan kebudayaan yang berbeda satu
dengan yang lain.. Etika mencakup bagaimana kita menuliskan suatu pesan dan
bagaimana kita mengunakan tutur bahasa yang baik dan benar.
Etika
computer ( computer Ethic) merupakan seperangkat asas atau nilai yang berkenaan
dengan penggunaan computer sedangkan Netiquette merupakan Etika dalam
menggunakan Internet. Atau tata cara
tertulis dalam sistim jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi.
Alasan
alas an mengapa pentingnya etika dalam berinternet
a.
karena para penguna internet bukan hanya kamu saja taoi dari berbagai negara
dan memiliki budaya,adat dan gaya bahasa yang berbeda beda.
b.
penguna internet adalah manusia dan di internet pula adalah media dimana tidak
mengharuskan identitas yang asli.
c. Dengan fasilitas di internet yang
memungkinkan beberapa orang dapat melakukan tidakan yang tidak etis
d.
Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat
dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.
Hal-hal yang
dilarang dalam dunia maya
Tulisan
yang mengandung SARA yang bertujuan untuk menghasut kelompok tertentu.
Konten-konten
yang mengandung pornografi baik yang bergerak atau pun tidak.
Tulisan
yang berisi kata-kata yang kasar dan tidak baik atau tulisan yang bersikap
menteror seseorang.
Vandalisme
yang dialkukan sengaja dan tidak bertanggung jawab.
Merubah
dokumen asli tanpa seijin pemiliknya.
Mendukung
peradaran software crack yang dapat diunduh bebas
Jadi,
publikasi secara online atau melalui dunia maya itu banyak mendapatkan
keuntungan, apabila kita bisa menggunakannya dengan baik dan mengikuti syarat
yang ada.
Sumber
http://more23dy.blogspot.com/2013/10/psi-teknologi-internet-nettiquette.html
http://aeninisahnv.wordpress.com/2013/10/03/pti-syarat-dan-etika-dalam-publikasi-online/
http://mazayadesya.blogspot.com/2012/11/final-softskill-psikologi-dan-teknologi.html
No comments:
Post a Comment