Sunday, October 11, 2015

# SIP 2 Sistem Informasi Psikologi

Sistem Informasi Psikologi

A. Informasi
 Definisi informasi
    Menurut KBBI informasi mempunyai arti yaitu sebagai penerangan, pemberitahuan, kabar baik   atau berita tentang sesuatu. Laudon, K. C., Jane, P. ( 2007) mengatakan bahwa data atau informasi adalah sekumpulan fakta mentah yang mewakili kejadian-kejadian.yang terjadi dalam organisasi/lingkungan fisik perusahaan. Sementara itu menurut Davis (dalam Kadir, 2005) mengatakan bahwa Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.

Gambaran tentang informasi dan prosesnya
Informasi juga sangat dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan, naik tidaknya hasil dari proses pengambilan keputusan adalah tergantung pada informasi yang diterimanya (Djahir dan Dewi, 2014). Lebih lanjut lagi dikatakan bahwa Informasi tidak lepas kaitannya dengan data, oleh karena itu informasi merupakan data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang.  Dasar dari informasi adalah data, maka dapat disesalkan jika terjadi kesalahan dari mengambil atau memasukkan data, dan kesalahan dalam mengolah data akan menyebabkan kesalahan dalam memberikan informasi yang berkualitas.

B. Sistem
Definisi Sistem 
Menurut KBBI Sisitem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas atau sususnan yang teratur dari padangan teori asas dan sebagainya, sementara itu William dan Sawyer (2007) Sistem  adalah  kumpulan  dari  komponen-kompunen  yang  saling  berhubungan dan  saling  berinteraksi  untuk  melakukan  suatu  tugas  untuk  mencapai  suatu  tujuan disisi lain Hall (2008) mengatakan bahwa sebuah sistem adalah kumpulan dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan atau subsistem dalam  mencapai tujuan. disisi lain  itu Sutedjo (2006) sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membetuntuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Sistem ialah jaringan kerja dari prosedur-prosedur  yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu (Kristianto, 2008).
Disisi lain  Kristianto (2008) mengatakan sistem itu memiliki suatu elemen-elemen yang meliputi: : tujuan sistem, batasan sistem, kontrol, input, output dan umpan balik.

C. Sistem Informasi Psikologi
Sistem Informasi menurut Kristanto (2008) sistem Informasi merupakan kumpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta perangkat manusia yang akan mengolah data menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tersebut. disis lain ( mengatakan sistem informasi adalah sebagai kumplan dari sub sistem yangsaling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna. Hal yang senada di oleh  Gaol (2008) yaitu sistem informasi psikologi memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang cara manusia membuat keputusan, merasa dan mengunakan informasi secara formal. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi Psikologi merupakan suaut kumpulan data yang didapat dari pemanfaatan media teknologi untuk membantu memberikan hasil maupun keterangan yang berkaitan dengan ilmu psikologi sehingga dapat mempermudah dalam pengimputan data, pemprosesan sehingga hasil data maupun informasi yang disampaikan benar-benar reprsentatif dengan objek yang diteliti.

Gambaran mengenai sifa-sifat sistem Informasi Psikologi
Sifat-sifat dari sistem informasi menurut Akbar (2006)
a.Kemudahan dalam memperoleh.
b.Sifat luas dan kelengkapan.
c. Ketelitian (accuracy).
d. Ketepatan waktu.
e. Kecocokan dengan penguna.
f. Kejelasan (clarity).
g. Flexibilitas.
h. Dapat dibuktikan.
i. Tidak ada prasangka.
j. Dapat diukur.

Komponen dalam Sistem Informasi
Laudon (2007) menjelaskan mengenai komponen dalam sistem informasi adalah sebagai berikut:
a. Teknologi informasi. Penggunaan peralatan elektronika digital dan komputer
untuk menyimpan, menganalisis dan mendistribusikan informasi dalam bentuk karakter, kata-kata, bilangan ataupun gambar.
b. Sumber daya manusia. yaitu semua pihak yang terkait pada pemrosesan, penggunaan tanggung jawab dan penggunaan keluaran sistem informasi
c. Prosedur yang merupakan sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
 
Peranan Sistem Informasi dalam ilmu Psikologi
Peranan sistem informasi dibedakan menjadi dua yaitu : aspek teknis dan karakteristk individu.
a. Aspek teknis berfokus pada bagaiman menghasilkan sistem informasi yang berkualitas yang melalui mekanisme  proses masukan data dan keluaran informasi dengan implementasi teknologi
b. Karakteristik individu yaitu informasi yang efektif juga ditentukan oleh perilaku penggunanya yang lebih berorientasi kepada kebutuhan Keperilakuan dalam penggunaan sistem informasi merupakan respon atau reaksi individu terhadap seperangkat komponen yang terkait dengan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.  

Manfaat  Sistem Informasi dalam bidang Psikologi
Manfaat pengunaan  Sistem Informasi dalam bidang Psikologi adalah dapat memberikan informasi dan dan pemahaman terkait dengan prilaku dan syarta awaw agar terjadinya implementasi sistem informasi dalam  organisasi supaya berjalan dengan efektif. (MC Leod, 2007) mengatakan bahwa Sistem informasi yang digunakan dan dikembangkan harus memperhitungkan aspek perilaku pengguna. Dimana prototype dari suatu metode pengembangan sistem yang mengunakan pendekatan prilaku individu dalam suatu program akan menjadi efektif terutama pada evaluasi dengan mengunakan sistem informasi oleh pengunanya. Laudon, 2007).


Refrensi


Djahir, Y., Dewi, P. (2014). Bahan ajar sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Gaol, C. J. L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Laudon, Kenneth C dan Jane P. Laudon. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Kristianto, A (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Apilkasinya. Gava. Yogyakarta.
Hall, J. A (2007) Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Sutedjo, B. (2002). Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi. Yogyakarta : CV. Andi Offet.
William dan Sawyer. 2007. Using Information Technologi. Yogyakarta: Andi






 

No comments: