Sunday, October 11, 2015

# SIP Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia


A.    Definsi Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia
       Arsitektur Komputer 
    Kata arsitek berasal dari kata (architecture) berarti seni dan ilmu membangun bangunan. Arsitektur ialah menyusun fitur-fitur yang ada agar dapat dimanfaatkan oleh programmer (Ariyanto, 2011). sementara itu juga arsitektur komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardwere yang melaksanakan instruksi tersebut. Arsitektur Komputer juga dikategorikan sebagai ilmu sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya. Serta merupakan suatu konsep sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancanagan suatu sistem komputer.  
    Arsitektur komputer juga mempunyai arti sebagai suatu konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Dimana Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem pada bagian interkoneksinya.hardwere seperti CPU, RAM, ROM, Cakram keras, Memory chache, dsb.

      Komponen utama dari  Arsitektur Komputer 
      a.          Perangkat Keras (Hardware) 
          Hardwere terdiri dari CPU, Memori RAM, Maouse dan Keyboard, Monitor,    Speaker, Plotter dan Printer.
b.         Perangkat Lunak (Software)

Sistem operasi : program yang menghubungkan pengguna dengan hardwere komputer. Contohnya : Linux, Windows, dan Mac OS.

Program Komputer :  beberapa macam aplikasi tambahan yang dipasang sesuai sistem operasinya.


Unit-unit dalam Komputer 
Menurut Departemen Pendidikan Nasional teknik komputer dan jaringan Suatu Komputer terdiri dari lima bagian utama yang mandiri secara fungsional yaitu : unit Input, memori, logika, output da ontrol adapun penjelasan dari unit-unit tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Unit Input Unit input adalah apa yang diterima computer dari informasi terkodekan di baca melalui unit input dimana sistem dan perangkat peralatan tersebut dinamakan unit input. Contohnya adalah joystic, trackball dan mouse.
b.    Unit memori 
Unit memori berfungsi menyimpan program dan data yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas penyimpanan primer dan sekunder. Penyimpanan primer yaitu memori cepat yang beroperasi pada kecepatan elektronik. Sedangkan memori sekunder adalah memori tambahan yang sebagai pendukung dari memori primer.
c.   Unit Aritmatika
Unit ini adalah unit perhitungan aritmatika dan logika (ALU: arithme dan logic unit) pada processor. Ini memiliki fungsi dalam melakukan perhitungan seperti perkalian, pembagian, perbandingan bilangan dengan diawali dengan membawa oeperand yang diperlukan dalam processor, lalu operand tersebut disimpan dalam elemen penyimpanan kecepatan tinggi atai register.
d. Unit Output 
Unit Ouput adalah pasangan unit input yang berfungsi mengirimkan hasil yang telah diperoses ke dunia luar. contohnya printer, Speaker dan monitor.  
e. Unit Kontrol
unit yang melakukan koordinasi terhadap tugas-tugas dan melakukan instruksi program I/O yang mengidentifikasikan peralatan yang terlibat dan informasi yang ditransfer. Contohnya  computer menerima informasi dalam bentuk program data memalui input dan melalkukan penyimapanan lalu informasi tersebut di control dan diproses  melalui program aritmatika dan logika selanjutnya informasi yang diproses tersebut keluar dari computer melalui unit output yang semua kegiatan tersebut diarahkan oleh unit kontrol.

Fungsi Komputer
Fungsi Komputer yaitu sebagai tempat pemindahan data, penyimpanan data, pengolahan data serta sebagai control. 
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Arsitektur Komputer 
a.       Ditinjau dari manfaat dalam hal applicability, meleability, Expandibility dan Comptible. 
b.      Ditinjau dari segi kinerja sistemnya seperti ukuran kerjanya, kecepatan kerja dan ukuran memory. 
c.      Ditinjau dari segi pengunaan dan biayanya seperti reliabilitas pemakaiannya, kemudahan perbaikan, konsumsi daya, berat, kekebalan dan interface.  

C. Struktur Kognisi pada Manusia
           Enam tingkat kemampuan Kognisi Manusia menurut Bloom (dalam Utari)
  a.       Tingkat pengetahuan (knowledge level)
Tingkat pengetahuan merupakan tingkat dimana seorang individu dapat memberi penjelasan dan menyebutkan kembali apa yang dipelajari atau diterimanya. Seperti mendefinisikan, menyusun daftar, mengambarkan dan membuat kerangka.
  b.      Tingkat Pemahaman
Tingkat pemahamanan merupakan kemapuan seseorang ut=ntuk memahami instruksi atau masalah, mengintrepretasikan dan menyatakan kembali dengan kata-katanya sendiri.
  c.       Tingkat Penerapam
Kemampuan menggunakan konsep dalam praktek atau situasi yang baru
Contoh: Menggunakan pedoman/ aturan dalam menghitung gaji pegawai.
  d.  Tingkat Analisa
Analisa merupakan kemampuan memisahkan konsep kedalam beberapa komponen untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas atas dampak komponen –komponen terhadap konsep tersebut secara utuh.
e.     Sintesa
Sintesa merupakan kemampuan mengevaluasidan menilai sesuatu berdasarkan norma, acuan atau kriteria

Sementara itu tahapan perkembangan Kognitif menurut Piaget yaitu 
a.       Sensorimotori 
Sensori motori 0-2 tahun, Dimana pengetahuan   anak   diperoeh   melalui   interaksi fisik,   baik   dengan   orang   atau   objek.   Skema-skema  baru  berbentuk   reflek-reflek  sederhana, seperti: menggenggam atau menghisap. 
b.      Praoperasiona, 
Pra operasional 2-6 tahun, Anak  mulai  menggunakan  symbol-simbol  untuk merepresentas dunia (lingkungan)  secara  kognitif. Symbol-simbol itu seperti: kata-kata dan bilangan yang  dapat  menggantikan  objek,  peristiwa  dan kegiatan (tingkah laku yang tampak). 
c.       Operasi konkret 
Operasi konkret 6-11 tahun anak   sudah   dapat   membentuk   operasi-operasi mental   atas   pengetahuan   yang   mereka   miliki. Mereka dapat  menambah, mengurangi dan  mengubah.  Operasi  ini  memungkinkannya  untuk dapat memecahkan masalah secara logis. 
d.      Operasi Formal 11 tahun – dewasa 
Periode   ini   merupakan   operasi   mental  tingkat tinggi.    Disini    anak (remaja) sudah dapat berhubungan dengan peristiwa-peristiwa hipotesis atau abstrak, todak hanya dengan objek-objek konkrit.   Remaja sudah dapat berfikir abstrak dan memecahkan maslaah    melaui pengujian semua alternative yang ada.

 
Refrensi
Suparno (2008). Teori perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jakarta: Kanisius.
Utari, R., Madya, W. (2011). Taksonomi Bloom. Pusdiklat KNKP. BPPK. depkeu.go.id.
http://www.bpk.depkeu.go.od/webpkn/attachment/766 1 Taksonomi                          %20%Blooom20%-20%Reto-ok-mima.pdf
http://file.upi.edu/direktori/FIP/Jur._PEND._LUAR_SEKOLAH/1944120205967101-KOKO_DARSONO_A/TEORI PERKEMBANGAN.pdf 


 







No comments: