A. Definsi
Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia
Arsitektur Komputer
Kata arsitek berasal dari kata (architecture)
berarti seni dan ilmu membangun bangunan. Arsitektur ialah
menyusun fitur-fitur yang ada agar dapat dimanfaatkan oleh programmer (Ariyanto,
2011). sementara itu juga arsitektur
komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardwere yang
melaksanakan instruksi tersebut. Arsitektur Komputer juga dikategorikan sebagai
ilmu sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai
komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer
yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya. Serta
merupakan suatu konsep sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk
perancanagan suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer
juga mempunyai arti sebagai suatu konsep perencanaan dan struktur pengoperasian
dasar dari suatu sistem komputer. Dimana Arsitektur komputer ini merupakan
rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat
keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem pada bagian interkoneksinya.hardwere
seperti CPU, RAM, ROM, Cakram keras, Memory chache, dsb.
Komponen
utama dari Arsitektur Komputer
a.
Perangkat Keras (Hardware)
Hardwere terdiri dari CPU, Memori RAM, Maouse dan
Keyboard, Monitor, Speaker, Plotter dan Printer.
b.
Perangkat Lunak (Software)
Sistem operasi : program yang menghubungkan pengguna
dengan hardwere komputer. Contohnya : Linux, Windows, dan Mac OS.
Program Komputer : beberapa macam aplikasi tambahan yang dipasang
sesuai sistem operasinya.
Unit-unit
dalam Komputer
Menurut Departemen Pendidikan Nasional
teknik komputer dan jaringan Suatu Komputer terdiri dari lima bagian utama yang
mandiri secara fungsional yaitu : unit Input, memori, logika, output da ontrol adapun
penjelasan dari unit-unit tersebut adalah sebagai berikut:
a. Unit
Input
Unit input adalah apa
yang diterima computer dari informasi terkodekan di baca melalui unit input
dimana sistem dan perangkat peralatan tersebut dinamakan unit input. Contohnya adalah
joystic, trackball dan mouse.
b.
Unit
memori
Unit memori berfungsi menyimpan program dan data
yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas penyimpanan primer dan sekunder. Penyimpanan
primer yaitu memori cepat yang beroperasi pada kecepatan elektronik. Sedangkan memori
sekunder adalah memori tambahan yang sebagai pendukung dari memori primer.
c. Unit
Aritmatika
Unit ini adalah unit perhitungan aritmatika dan
logika (ALU: arithme dan logic unit) pada processor. Ini memiliki fungsi dalam
melakukan perhitungan seperti perkalian, pembagian, perbandingan bilangan
dengan diawali dengan membawa oeperand yang diperlukan dalam processor, lalu
operand tersebut disimpan dalam elemen penyimpanan kecepatan tinggi atai
register.
d. Unit Output
Unit Ouput adalah pasangan unit input yang berfungsi
mengirimkan hasil yang telah diperoses ke dunia luar. contohnya printer,
Speaker dan monitor.
e. Unit Kontrol
unit yang melakukan koordinasi terhadap
tugas-tugas dan melakukan instruksi program I/O yang mengidentifikasikan
peralatan yang terlibat dan informasi yang ditransfer. Contohnya computer menerima informasi dalam bentuk
program data memalui input dan melalkukan penyimapanan lalu informasi tersebut di
control dan diproses melalui program
aritmatika dan logika selanjutnya informasi yang diproses tersebut keluar dari computer
melalui unit output yang semua kegiatan tersebut diarahkan oleh unit kontrol.
Fungsi Komputer
Fungsi Komputer yaitu sebagai tempat pemindahan
data, penyimpanan data, pengolahan data serta sebagai control.
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Arsitektur Komputer
a. Ditinjau
dari manfaat dalam hal applicability, meleability, Expandibility dan Comptible.
b. Ditinjau
dari segi kinerja sistemnya seperti ukuran kerjanya, kecepatan kerja dan ukuran
memory.
c. Ditinjau
dari segi pengunaan dan biayanya seperti reliabilitas pemakaiannya, kemudahan
perbaikan, konsumsi daya, berat, kekebalan dan interface.
C. Struktur
Kognisi pada Manusia
Enam tingkat kemampuan Kognisi Manusia menurut Bloom
(dalam Utari)
a. Tingkat
pengetahuan (knowledge level)
Tingkat pengetahuan merupakan tingkat dimana seorang
individu dapat memberi penjelasan dan menyebutkan kembali apa yang dipelajari
atau diterimanya. Seperti mendefinisikan, menyusun daftar, mengambarkan dan
membuat kerangka.
b. Tingkat
Pemahaman
Tingkat pemahamanan merupakan kemapuan seseorang
ut=ntuk memahami instruksi atau masalah, mengintrepretasikan dan menyatakan
kembali dengan kata-katanya sendiri.
c. Tingkat
Penerapam
Kemampuan menggunakan konsep dalam praktek atau situasi
yang baru
Contoh: Menggunakan pedoman/ aturan dalam menghitung
gaji pegawai.
d. Tingkat
Analisa
Analisa merupakan kemampuan memisahkan konsep
kedalam beberapa komponen untuk memperoleh pemahaman yang lebih
luas atas dampak komponen –komponen terhadap konsep tersebut secara utuh.
e. Sintesa
Sintesa merupakan kemampuan mengevaluasidan menilai sesuatu
berdasarkan norma, acuan atau kriteria
Sementara itu tahapan perkembangan Kognitif menurut Piaget
yaitu
a. Sensorimotori
Sensori motori 0-2 tahun, Dimana pengetahuan anak
diperoeh melalui interaksi fisik, baik
dengan orang atau
objek. Skema-skema baru
berbentuk reflek-reflek sederhana, seperti: menggenggam atau
menghisap.
b. Praoperasiona,
Pra operasional 2-6 tahun, Anak mulai
menggunakan symbol-simbol untuk merepresentas dunia (lingkungan) secara
kognitif. Symbol-simbol itu seperti: kata-kata dan bilangan yang dapat
menggantikan objek, peristiwa
dan kegiatan (tingkah laku yang tampak).
c. Operasi
konkret
Operasi konkret 6-11 tahun anak sudah
dapat membentuk operasi-operasi mental atas
pengetahuan yang mereka
miliki. Mereka dapat menambah,
mengurangi dan mengubah. Operasi
ini memungkinkannya untuk dapat memecahkan masalah secara logis.
d. Operasi
Formal 11 tahun – dewasa
Periode
ini merupakan operasi
mental tingkat tinggi. Disini
anak (remaja) sudah dapat berhubungan dengan peristiwa-peristiwa hipotesis
atau abstrak, todak hanya dengan objek-objek konkrit. Remaja sudah dapat berfikir abstrak dan memecahkan
maslaah melaui pengujian semua
alternative yang ada.
Refrensi
Suparno (2008). Teori perkembangan
Kognitif Jean Piaget. Jakarta: Kanisius.Utari, R., Madya, W. (2011). Taksonomi Bloom. Pusdiklat KNKP. BPPK. depkeu.go.id.
http://www.bpk.depkeu.go.od/webpkn/attachment/766 1 Taksonomi %20%Blooom20%-20%Reto-ok-mima.pdf
http://file.upi.edu/direktori/FIP/Jur._PEND._LUAR_SEKOLAH/1944120205967101-KOKO_DARSONO_A/TEORI PERKEMBANGAN.pdf
No comments:
Post a Comment