Komunikasi dalam Manajemen
by Moredy. Maverick. E. Katuuk
by Moredy. Maverick. E. Katuuk
Mengapa Komunikasi di dalam suatu
manajemen itu penting?
Karena komunikasi adalah suatu
metode atau cara seseorang menyampaikan kehendak, argument dan ide ide ,
strategi, informasi maupun perintah dari seseorang kepada orang lain atau baik
dari atasan kepada bawahan dalam suatu manajemen maka tanpa adanya komunikas bagaimana caranya kita
menyampaikan sesuatu dan mengetahui apa yang orang lain atau manejemen
kehendaki. Dan melalui komunikasi fiungsi-fungsi dalam manajemen baik itu
perencanaan, pengorganisasian dan , pengawasan pengerahan itu dapat dicapai. Karena
itu Komunikasi sering disebut sebagai Rantai pertukaran informasi atau menurut dari G. Terry management is communicatio yang dia ibaratkan bahwa komunikasi adalah sebagai minyak pelumas dalm suatu manajemen.
Bagaimana suatu komunikasi itu tejadi?
Dalam suatu kegiatan komunikasi
tentunya harus ada sumber komunikasi dan si penerima komunikasi
Berikut ini yang merupakan proses
terjadinya suatu Komunikasi yaitu:
- Sumber (Source)
- Encoding atau pengubah berita ke dalam suatu bentuk kode atau sandi
- Pengirim berita atau mediasi ( transmitting the massage )
- Penerimaan Berita
- Pengartian atau penterjemahan kembali berita atau pesan tersebut
- Umpan Balik ( Feed back )
Jadi proses terjadinya
komunikasi dalam manajemen seperti
seseorang yang sebagai sumber dari suatu pesan atau perintah contohnya Bapak
Abraham Samad hendak menyampaikan sesuatu pada staff atau karyawan nya ex
Moredy maka dalam menyampaikan pesan itu ia harus mengubah gagasan atau suatu
perintah yang ada dalam pikirannya dalam bentuk sebuah sandi atau code (
Encoding ) lalu ia mengirim pesan itu
baik dengan komunikasi langsung atau dengan perantara sehingga Moredy dapat
menerima pesan tesebut lalu menerjemahkan kembali pesan tersebut sehingga sesuai dengan
maksudnya dan terakhir moredy memberikan respon terhadap pesan atau perintah
tersbut dengan memberikan umpan balik.
Apa aja sih peran Komunikasi
dalam suatu manajemen Organisasi?
- Sebagai Fungsi Informatif suatu manajemen yang baik adalah dimana manajemen tersebut memiliki system pemrosesan informasi yang baik, efektif dan efisien sehingga seluruh anggota dalam organisasi tersebut memperoleh informasi lebih banyak dan lebih mudah.
- Sebagai Fungsi Regulatif ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi. Yang dalam arti suatu kepastian peraturan dan tujuan organisasi tentang batasan batasa pekerjaan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dan merupakan suatu keabsahan perintah dan tentang sanksi-sanksi.
- Fungsi Persuasif Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah. Sebab itu suatu pekerjaan yang dilakukan dengan sukarela oleh seorang karyawn lebih menghasilkan dan lebih produktif dibandingkan dengan suatu intruksi dan suatu tekanan pekerjaan.
- Fungsi Integratif Setiap organisasi berusaha menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat dilaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik terintegrasi pada tujuan dan berintegritas dengan baik.
Gaya gaya dalam menyalurkan
susatu komunikasi
- Komunikasi vertical atau komunikasi ke bawah untuk memberikan pengarahan dari atasan atau manajemen puncak hingga sampai ke karyawan dan staff-staff yang biasanya merupakan suatu bentuk informasi, nasihat, perintah dan ini juga adalah suatu cara manajemen tingakat atas dapat mengetahui apa yang terjadi pada tingkat bawah.
- Komunikasi Horizontal atau suatu komunikasi yang tejadi antar para karyawan dengan karyawan lainya dalam melakukan suatu pekerjaan, menyampaikan ide atau gagasan dan menyampaikan dalam menyampaikan maksud dan tujuan strategi menajemen dalam suatu manajemen perusahaan.
Kesimpulan
Menurut saya komunikasi adalah
hal mutlak dan sungguh sangat penting karena pada dasarnya menurut Aristoteles
manusia adalah Zoo on politicon atau manusia yang bersosial/berpolitik untu
bersosial dibutuhkan komunikasi sebagai suatu metode untuk menyampaikan pesan atau
maksud dan keinginan hati yang ada pada
diri seseorang kepada yang lain dan di
dalam suatu manajemen adalah suatu hal yang sanggat di perlukan komunikasi dan
mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik antar atasan dan bawahan dan
atar sesame karyawan dalam suatun manajemen. Dan Komunikasi itu pada umumnya
bertujuan agar kita dapat mengajak atau memberi informasi kepada orang lain
agar orang tersebut dapat mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai suatu
tujuan dan sebaliknya .
Sumber
-http://www.academia.edu/6720272/Arti_penting_komunikasi_dalam_organisasi_softskill
Tambahan Bagi yang perlu informasi lain tentang bentuk bentu komunikasi
Apa saja bentuk-Bentuk Komunikasi
?
Bentuk Komunikasi itu ada 4 yaitu
dilihat dari segi sifatnya, arahnya, menurut lawannya, dan keresmiannya…
- Dari segi sifatnya :
- Komunikasi Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara contoh:saat kita presentasi di kelas
- Komunukasi Tertulis komunikasi melalui tulisan Cth: email, bbm ataupun komunikasi lewat media social.
- Komunikasi Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan cth: sharing, Curhat dan kesaksian
- Komunikasi Non Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat) cth:). Mimic, gugup atau nerves.
- Komunikasi vertical Ke atas komunikasi dari bawahan ke atasan
- Komunikasi vertical Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
- Komunikasi Horizontal komunikasi ke sesama karyawan atau sesame manusia
- Komunikasi Satu Arah Seperti saat kita menonton berita atau ceramah dan khotbah (tanpa ada timbal balik)
- Komunikasi Dua Arah Berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomuni contoh debat dan diskusi.
3. Menurut
Lawannya :
- Komunikasi Satu Lawan Satu merupakan Berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknyacontoh:berbicara melalui telepon.
- Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok) atau Berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok. Contoh: kelompok satpam menginterogasi maling
- Kelompok Laawan Kelompok Berbicara antara suatu kelompok
dengan kelompok lainContoh:
debat partai politik.
4. Menurut Keresmiannya :
- Komunikasi Formal adalah Komunikasi yang berlangsung resmi Contoh: rapat pemegang saham atau direksi.
- Komunikasi Informal Komunikasi yang tidak resmi Contoh : ngobrol dengan sahabat atau denga orang tua.
No comments:
Post a Comment