Tuesday, January 27, 2015

Komunikasi dalam ManaJemen



Komunikasi dalam Manajemen
by Moredy. Maverick. E. Katuuk

Komunikasi dalam Manajemen


Mengapa Komunikasi di dalam suatu manajemen itu penting?

Karena komunikasi adalah suatu metode atau cara seseorang menyampaikan kehendak, argument dan ide ide , strategi, informasi maupun perintah dari seseorang kepada orang lain atau baik dari atasan kepada bawahan dalam suatu manajemen maka  tanpa adanya komunikas bagaimana caranya kita menyampaikan sesuatu dan mengetahui apa yang orang lain atau manejemen kehendaki.  Dan melalui komunikasi  fiungsi-fungsi dalam manajemen baik itu perencanaan, pengorganisasian dan , pengawasan pengerahan itu dapat dicapai. Karena itu Komunikasi sering disebut sebagai Rantai pertukaran informasi atau menurut dari G. Terry management is communicatio yang dia ibaratkan bahwa komunikasi adalah sebagai minyak pelumas dalm suatu manajemen.    

Bagaimana suatu komunikasi itu tejadi?

Dalam suatu kegiatan komunikasi tentunya harus ada sumber komunikasi dan si penerima komunikasi
Berikut ini yang merupakan proses terjadinya suatu Komunikasi yaitu:
  • Sumber (Source)
  • Encoding atau pengubah berita ke dalam suatu bentuk kode atau sandi
  • Pengirim berita atau mediasi ( transmitting the massage )
  • Penerimaan Berita
  • Pengartian atau penterjemahan kembali berita atau pesan tersebut
  • Umpan Balik ( Feed back )

Jadi proses terjadinya komunikasi  dalam manajemen seperti seseorang yang sebagai sumber dari suatu pesan atau perintah contohnya Bapak Abraham Samad hendak menyampaikan sesuatu pada staff atau karyawan nya ex Moredy maka dalam menyampaikan pesan itu ia harus mengubah gagasan atau suatu perintah yang ada dalam pikirannya dalam bentuk sebuah sandi atau code ( Encoding ) lalu ia mengirim  pesan itu baik dengan komunikasi langsung atau dengan perantara sehingga Moredy dapat menerima pesan tesebut lalu menerjemahkan kembali  pesan tersebut sehingga sesuai dengan maksudnya dan terakhir moredy memberikan respon terhadap pesan atau perintah tersbut dengan memberikan umpan balik.

Apa aja sih peran Komunikasi dalam suatu manajemen Organisasi?

  • Sebagai Fungsi Informatif suatu manajemen yang baik adalah dimana manajemen tersebut memiliki system pemrosesan informasi yang baik, efektif dan efisien sehingga seluruh anggota dalam organisasi tersebut memperoleh informasi lebih banyak dan lebih mudah.
  • Sebagai Fungsi Regulatif ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.  Yang dalam arti suatu kepastian peraturan dan tujuan organisasi tentang batasan batasa pekerjaan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dan merupakan suatu keabsahan perintah dan tentang sanksi-sanksi.
  • Fungsi Persuasif Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan.  Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah. Sebab itu suatu pekerjaan yang dilakukan dengan sukarela oleh seorang karyawn lebih  menghasilkan dan lebih produktif dibandingkan dengan suatu intruksi dan suatu tekanan pekerjaan.
  • Fungsi Integratif Setiap organisasi berusaha menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat dilaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik terintegrasi pada tujuan dan berintegritas dengan baik.


         Gaya gaya dalam menyalurkan susatu komunikasi 
  • Komunikasi vertical atau komunikasi  ke bawah untuk memberikan pengarahan dari atasan atau manajemen puncak  hingga sampai ke karyawan dan staff-staff yang biasanya merupakan suatu bentuk informasi, nasihat, perintah  dan ini juga adalah suatu cara manajemen tingakat atas dapat mengetahui apa yang terjadi pada tingkat bawah.
  • Komunikasi Horizontal atau suatu komunikasi  yang tejadi antar para karyawan dengan karyawan lainya dalam melakukan suatu pekerjaan, menyampaikan ide atau gagasan dan menyampaikan dalam menyampaikan maksud dan tujuan strategi menajemen dalam suatu manajemen perusahaan.


Kesimpulan
Menurut saya komunikasi adalah hal mutlak dan sungguh sangat penting karena pada dasarnya menurut Aristoteles manusia adalah Zoo on politicon atau manusia yang bersosial/berpolitik untu bersosial dibutuhkan komunikasi sebagai suatu metode untuk menyampaikan pesan atau maksud  dan keinginan hati yang ada pada diri seseorang kepada yang lain  dan di dalam suatu manajemen adalah suatu hal yang sanggat di perlukan komunikasi dan mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik antar atasan dan bawahan dan atar sesame karyawan dalam suatun manajemen. Dan Komunikasi itu pada umumnya bertujuan agar kita dapat mengajak atau memberi informasi kepada orang lain agar orang tersebut dapat mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai suatu tujuan dan sebaliknya .

Sumber
-http://www.academia.edu/6720272/Arti_penting_komunikasi_dalam_organisasi_softskill




































Tambahan Bagi yang perlu informasi lain tentang bentuk bentu komunikasi


Apa saja bentuk-Bentuk Komunikasi ?
Bentuk Komunikasi itu ada 4 yaitu dilihat dari segi sifatnya, arahnya, menurut lawannya, dan keresmiannya…
  1.            Dari segi sifatnya :
  • Komunikasi Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara contoh:saat kita  presentasi di kelas
  • Komunukasi Tertulis komunikasi melalui tulisan Cth: email, bbm ataupun komunikasi lewat media social.
  • Komunikasi Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan cth: sharing, Curhat dan kesaksian
  • Komunikasi Non Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat) cth:). Mimic, gugup atau nerves.

2. Dari segi arahnya :
  • Komunikasi vertical Ke atas komunikasi dari bawahan ke atasan 
  •  Komunikasi vertical  Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
  •  Komunikasi Horizontal komunikasi ke sesama karyawan atau sesame manusia
  • Komunikasi Satu Arah Seperti saat kita menonton berita atau ceramah dan khotbah (tanpa ada timbal balik)
  • Komunikasi Dua Arah Berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomuni contoh debat dan diskusi.
3. Menurut Lawannya :

  • Komunikasi Satu Lawan Satu merupakan Berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknyacontoh:berbicara melalui telepon.
  • Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok) atau Berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok. Contoh: kelompok satpam menginterogasi maling
  • Kelompok Laawan Kelompok Berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lainContoh: debat partai politik. 

    4. Menurut Keresmiannya :
  • Komunikasi Formal adalah Komunikasi yang berlangsung resmi Contoh: rapat pemegang saham atau direksi.
  • Komunikasi Informal Komunikasi yang tidak resmi Contoh : ngobrol dengan sahabat atau denga orang tua.

No comments: