Saturday, October 5, 2013

PSIKOLOGI INTERNET " PENGARUH GENDER, USIA, BUDAYA DALAM INTERAKSI ANTARA MANSIA DAN INTERNET"

Diah Eka Wulandari (12512014)

Indra Yusuf Maulana (13512713)

Moredy.E.T. Katuuk (18512218)

Muhammad Asykur R (14512894)

Shafaruddin (16152952)




PENGARUH GENDER, USIA, BUDAYA DALAM INTERAKSI
ANTARA MANSIA DAN INTERNET

I.  Definisi  Gender, Usia, Budaya, dan Internet

a. Gender
Dalam perbandingan antargender, wanita menunjukkan ekspresi emosional yang lebih besar dibandingkan pria. Mereka megalami emosi secara lebih intens dan mereka menunjukkan ekspresi emosi positif maupun negatif yang lebih sering, kecuali kemarahan. Tidak seperti pria, wanita juga menyatakan lebih nyaman dalam mengekpresikan emosi dan mampu membaca petunjuk non verbal dan paralinguistik secara lebih baik.

b. Usia
Umur atau usia adalah satuan waktu yang mengukur waktu keberadaan suatu benda atau makhluk, baik yang hidup maupun yang mati. Semisal, umur manusia dikatakan lima belas tahun diukur sejak dia lahir hingga waktu umur itu dihitung. Oleh yang demikian, umur itu diukur dari tarikh ianya lahir sehingga tarikh semasa(masakini). Manakala usia pula diukur dari tarikh kejadian itu bermula sehinggalah tarikh semasa(masa kini).

c. Budaya
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

d. Internet
Internet adalah jaringan global antarkomputer untuk berkomunikasi dari suatu lokasi ke lokasi lain di belahan dunia. Dalam internet terdapat berbagai macam informasi, baik yang baik maupun yang buruk, yang benar maupun yang tidak. Semua informasi itu dapat diakses lewat internet.

II.    Pengaruh-pengaruh internet terhadap:


A.  Gender

Dampak positif internet
Dilihat dari segi positif nya internet memiliki banyak sekali dampak yang sangat luar biasa hebatnya pada dunia pengetahuan. Para wanita karir maupun ibu rumah tangga kini dapat memiliki banyak sumber dan pedoman serta informasi-informasi untuk dunia kerja maupun keperluan sehari-hari misalnya : informasi untuk pekerjaan ,informasi resep makanan bagi ibu rumah tangga.
Selain program didalam dunia kerja, internet juga menawarkan aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu wanita karier untuk menghilangkan kejenuhan dalam berkerja, membuat strategi, membangkitkan semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role play).
internet juga bisa menjadi tempat bisnis bagi wanita yaitu dengan online shop dengan begitu wanita bisa mempunyai penghasilan sendiri namun ia tetap bisa dirumah mengurus keluarganya .
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negatif.

Dampak negatif internet
1. Kejahatan di dalam dunia maya
2. Pornografi
3. Kekejaman dan Kesadisan
4. Penipuan
5. Penipuan belanja online
6. Perjudian
7. Mengurangi sifat sosial manusia

B. Usia

Masa anak-anak adalah masa keemasan dimana anak-anak berada dalam masa bermain serta belajar terhadap apa yang belum diketahuinya. Tapi, dimana sekarang perubahan teknologi semakin pesat, banyak anak-anak terutama pada anak yang berusia 5 hingga 12 tahun lebih menyukai bermain dengan teknologi baru seperti playstation, game online, handphone, tablet ataupun ipad.
Dampak positif
1. Memudahkan anak mendapatkan informasi dengan lebih cepat.
2. Anak dapat mengenal serta menjalin komunikasi dengan  berbagai orang dari belahan dunia.
3. Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak 4. disukai oleh anak-anak.

Dampak negatif
1. Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang didapatnya dari dunia.
2. Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, tidak sedikit anak-anak tidak sabar dalam 3. menghadapi kelambatan dan kesulitan.
3. Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya.

C. Budaya

Pada masa sekarang, kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi terasa begitu sangat pesat. Pesatnya kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebudayaan di Indonesia. Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi ini memang harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia tidak kalah saing dengan Negara lain.
Dampak Positif
1. Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
2. Memudahkan pekerjaan manusia.
3. Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien
4. System pembelajaran tidak harus tatap muka dengan guru karena dengan kemajuan TIK khusunya 5. Internet kita bisa melakukan V-class. Dan masih banyak yang lainnya.

Dampak negatif
1.      Masuknya budaya asing yang tidak baik.
2.      Lupa akan waktu
3.      Merosotnya nilai moral






Sumber:
http://ancok.staff.ugm.ac.id/h-19/psikologi-dan-tantangan-millenium-ke-tiga-dampak-teknologi-internet-pada-kehidupan-manusia-dan-pengelolaan-institusi-pendidikan-psikologi.html
http://www.scribd.com/doc/29476849/Kualitatif-Research
http://artikelkesehatananak.com/
http://barengrestu.wordpress.com/2013/06/16/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-terhadap-kebudayaan-indonesia/

Thursday, October 3, 2013

Psi & Teknologi Internet Pengertian (Nettiquette Flamming, Trolling, Jungking)

Moredy. Eder. Torres. Katuuk



Psi & Teknologi Internet (Nettiquette Flamming, Trolling, Jungking) 
A.    Pengertian Netiquete
Netiquette singkatan dari  network etiquette atau Internet etiquette. Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Atau  tata cara tertulis dalam sistim jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi dan biasanya dalam news group, use net, email dan forum.  Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Netiquette juga mencakup email, papan pesan, pesan cepat dan forum. Sebenarnya Nettiquette ini adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka
Aturan- aturan yang ada pada Netiqutte
1. “ Amankan dulu diri anda”, maksudnya dengan mengamankan semua properti anda dengan memproteksi  komputer agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingikan seprti mengunakan anti virus atau personal firewall
2. “ Jangan terlalu percaya”sehingga anda dengan sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
3. Yang terutama hargai penguna lain di Internet , caranya sederhana yaitu :
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Aturan-aturan berikut ini merupakan hal yang dasar untuk dipatuhi.

AturanNomor1:
“ingat bahwa semua penguna internet adalah manusia” . Maka diharapkan jagalah perasaan orang lain  yang membaca email atau postingan anda
Berikut adalah tips tips nya
· Gunakan kata kata yang tidak bersifat menyerang melainkan kata kata yang membangun.
· Jangan pernah mengetik isi pesan dangan huruf besar karena huruf kapital mempunyai arti sebagai teriakan      karena ingat orang tidak dapat melihat isi hati mu
· Jangan pernah mengirim e-mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak Anda katakan ke orang lain.    Ingat internet bukanlah tempat untuk mencari pertengkaran.
· Ingatkan orang lain jika melakukan flaming untuk mengurangi suatu kemungkinan adanya konfrontasi.
      
Aturan Nomor 2:
Ikuti aturan-aturan yang ada seperti halnya di dunia nyata jika anda sedang online
bersikaplah dan bertindaklah dengan wajar dengan memperhatikan Etika karena banyak orang juga dari berbagai belahan dunia mempunyai perbedaan persepsi yang berbeda. “Melanggar hukum berarti telah melakukan Netiquette yang buruk. Itu yang pelu diingat.”
Aturan Nomor 3
Ingatlah di mana Anda berada ketika Anda sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika Anda berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru-buru langsung mengirim komentar. Cobalah untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Setelah Anda merasa yakin dan berpikir bahwa Anda siap untuk menambahkan informasi/komentar yang berguna, baru kirim posting. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming (karena Anda sedang berusaha untuk memahami sesuatu secara nyata, padahal Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi di forum).
Aturan Nomor 4:
Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Postingan anda harus dipastikan dahulu dengan benar dan jika dalam group itu anda yakin dapat di terima. Dan cobalah dengan tidak bertanya ha-hal yang bodoh pada kelompok diskusi seperti pertanyaan-pertanyaan yang sederhana yang langsung bisa di cari di Google janganlah kirim hal tersebut. Sebaiknya pertyanyaan yang bisa saja di posting ke email pribadi jangan di bawa di forum.Bacalah FAQ (Frequently Asked Questions) atau Pertanyaan yang Sering Diajukan. Sekitar 90%, semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab melalui bagian FAQ. Bahkan jika Anda tidak menduga bahwa Anda akan mendapatkan jawabannya di sana, periksa dulu di FAQ. Berdasarkan pengalaman orang pada umumnya, pertanyaan mereka dapat terjawab jika membaca FAQ. Dasar-dasar etika yang perlu diketahui :
1. Dalam mencantumkan sumber dan penulis harus jujur
2. Mengutip seperlunya
3. Bijak dan benar dalam menyalin sebuah situs.

B.  Definisi Flaming, Jungking, Trolling  
Ø  FLAMING adalah suatu tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang menyinggung user lainnya atau Flaming berarti memanas-manasi keadaan suatu tempat sehingga terjadi perdebatan. Flaming seperti ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal-hal negatif mengenai situasi tertentu

Ø  Trolling diartikan sebagai kegiatan memposting tulisan atau pesan menghasut dan seringkali tidak relevan dengan topik yang dibicarakan di komunitas online seperti forum, chatting, blog, atau juga social network. Tujuan dari trolling ini adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet lainnya. Dalam dunia internet, pelaku trolling ini disebut troller. Trolling sering dideskripsikan sebagai versi online dari eksperimen pelanggaran Troll sering digambarkan sebagai orang yang berada di lingkungan yang salah. Namun hal ini sering diakibatkan karena kesalahan atribusi mendasar, karena seringkali tidak mungkin untuk mengetahui identitas sebenarnya dari individual yang mengikuti debat online. Mengingat umumnya troll yang serius sebenarnya 'mengetahui' batas-batas sosial, maka sulit untuk memposisikan mereka sebagai orang yang berada di lingkungan yang salah, karena sebenarnya mereka sangat fasih terhadap tujuan-tujuannya.
Ø  Jungking adalah kata kata yang tidak berguna untuk dipost. Apalagi niatnya cuma buat nambahin jumlah post.
Contoh :  !!!! ????? …. //////
Contoh kasus

Ada banyak akun dan forum yang menampilkan suatu pembahasan yang dapat menarik simpati orang banyak dan salah satunya adalah suatu forum yang berisikan untuk menjalin beberapa masyarakyat yang dalam suatu komunitas tertentu yang mempunyai kepercayan berbeda-beda contoh agama. Suatu waktu saya diundang oleh teman saya untuk mengikuti forum jalinan persahabatan tersebut dan awalnya para orang-orang yang di forum tersebut hanya bertujuan untuk mencari persamaan maupun mencari beberapa solusi untuk bagaimana menjadikan mereka hidup dengan aman dan damai. dan lama kelamaan ada beberapa postingan dari beberapa orang yang memulai dengan banyak pertanyaan yang mengundang debat dan debat itu semakin meruncing karena di perpara oleh beberapa oknum baru lalu seterusnya seingat saya saya juga memberi suatu postingan kata-kata untuk mencoba menjadi penngah mereka dan selanjutnya saya pun sudah tidak lagi mengakses situs tersebut karena di dalamnya sudah banyak perdebatan yang tidak ada ujungnya dan banyak kata kata yang saling mempersalahkan.

Sumber