Monday, September 29, 2014

Manajemen Perusahaandan profile Bank Danamon Indonesia


Manajemen Perusahaan  


Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu perusahaan. Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan. Dengan adanya suatu pengelolaan dan manajemen yang baik maka suatu perusahaan akan mampu bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang ada. Bahkan akan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.

Bisnis merupakan kegiatan dalam menjual produk atau jasa agar memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Bisnis merupakan kegiatan beresiko memberikan kerugian baik dari segi material atau non-material.Agar terhindar dari resiko bisnis maka bisnis harus dijalankan dengan tepat dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang serius dan mantap dari segi dan konsep-konsep  manajemennya. Yaitu  komponen-komponen seperti perancanaan haruslah matang, Sumber daya manusia yang berkualitas, loyal, berintegrasi dan sejahterah, manajemen yang terbuka, tegas dan demokaratis dalam memimpin dan menjalankan operasional perusahaan sehingga terciptanya team kerja yang baik, limgkungan kerja yang mendukung untuk kenyamanan karyawan, terbuka dan mau berinovasi


Manajemen Perusahaan PT Bank Danamon Tbk

Sekilas pandang
Sejak Desember 2013 Danamon merupakan salah satu lembaga keuangan dengan jaringan terbesar di Indonesia melalui lebih dari 2.600 kantor cabang dan pusat pelayanan dan 1.485 ATM dan 70 mesin setor tunai dengan jangkauan layanan dari Provinsi Aceh di ujung utara pulau Sumatera hingga Papua.

 Sehubungan dengan visi Danamon “Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan”, Danamon bermitra dengan berbagai institusi terkemuka dan berpengalaman di bidangnya untuk mengembangkan segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan salah satu pencipta lapangan kerja terbesar di Indonesia. Dan Danamon pun selalu meningkatkan kinerjanya serta pelayanan-nya yang berorientasi untuk kenyamanan dan kemudahan nasabahnya dengan berinovasi dan melakukan kerja sama dengan perusahaan lain contoh seperti dengan Silver bird dari group Blue bird untuk kemudahan nasabahnya dalm melakukan pembayaran taksi melalui kartu debit atau pun kartu kredit, juga ada Manulife bagi para pelaku ukm sehingga mempermudahkan mereka untuk mendapatkan simpanan dana, solusi jasa perbankan, sms dan internet banking dengan one stop solution dan kerja sama dengan perusahaan besar lainnya.

Profil Bank Danamon

Bank Danamon atau PT Bank Danamon Indonesia, Tbk

Sejalan dengan perkembangan bisnisnya, Danamon senantiasa meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan. Hal ini ditunjukkan melalui pencapaian Danamon di tahun 2013 dimana Danamon menerima penghargaan “Best Overall ASEAN Corporate Governance Scorecard”, dalam ajang 5th Indonesian Institute of Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Conference and Award dan juga meraih Peringkat 2 Annual Report Award 2012 Kategori Private Keuangan Listed dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam usianya yang ke-57 tahun, kini Danamon merupakan salah satu institusi finansial terbesar di Indonesia. Sebagai bank universal, Danamon telah mengembangkan beragam bisnis perbankan, dari perbankan mikro melalui Danamon Simpan Pinjam, Perbankan Ritel, Perbankan Syariah hingga Perbankan UKM & Komersial dan Perbankan Korporasi, serta layanan pembiayaan otomotif, asuransi umum dan pembiayaan barang konsumtif melalui Adira Finance, Adira Insurance dan Adira Kredit

BIDANG USAHA DANAMON

Sesuai dengan Anggaran Dasar Danamon, kegiatan usaha utama Danamon adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro, deposito dan tabungan, baik dalam mata uang Rupiah maupun asing, serta memberikan pinjaman kepada masyarakat. Kegiatan usaha penunjang Danamon antara lain mencakup menerbitkan surat Utang, menjadi penjamin, melakukan kegiatan anjak piutang, kartu kredit dan bertindak sebagai wali amanat/bank custodian. Produk dan jasa yang dihasilkan Danamon secara lengkap dapat dilihat pada halaman Bab Data Perusahaan di laporan ini.
Identitas dan sejarah Perusahaan

Nama                                                       Modal Dasar
PT Danamon Indonesia, Tbk                  10 triliun  IDR
Bidang Usaha                                          Bursa
Layanan Perbankan                                 Bursa Efek Jakarta
Tanggal pendirian                                    kode saham BDMN
16 juli 1956                                             ID1000094204
                                                               
Dasar Hukum Pendirian                   Komposisi Kepemilikan Saham:     



Asia Financial (Indonesia) Pte 
Ltd.: 67,37%:
JPMCB-Franklin Templeton
Investment Funds: 6,40%
Masyarakat: 26,23%


Akta Notaris Masteer Radeen 
Soedja, S.H. No. 134 tangga1
6 Juli 1956 yang disahkan oleh
Menteri Kehakiman Republik                
Indonesia dengan Surat                   
Keputusan No. J.A.5/40/8
tanggal 24 April 1957 dan telah
diumumkan dalam Tambahan No.
664, pada Berita Negara Republik
Indonesia No. 46 tanggal 7 Juni
1957.


 Kantor Pusat


Menara Danamon Jln Prof Dr. Satrio Mega Kuningan kav E4 no 6 Jakarta No Tel:(+62 21) 5799 1001-03Situs & Email: www.danamon.co.idcorpsec@danamon.co.id  public.affairs@danamon.co.id relation@danamon.co.id

RIWAYAT SEJARAH PERUSAHAAN

Didirikan sebagai Bank Kopra Indonesia pada tahun 1956 dan berubah menjadi Berubah nama menjadi PT Bank Danamon Indonesia pada tahun 1976 dan di tahun 1988 menjadi Bank devisa Indonesia , tahun 1989 menjadi perusahaan public melalui penawaran saham di BEJ bursa efek Jakarta dan ditahun 1998 diambil alih oleh pemerintah akibat krisis keungan di Asia tahun 2000 menjadi Legal merger 9 bank serta ditahun 2003 di akuisisi oleh mayoritas saham pe,erintah oleh Asia financial ( Indonesia) Pte. Ltd. 2005 perluasan jaringan cabang danamon simpan pinjam dan peluncuran visi misi dan nilai perusahaan yang baru, 2006 akuisisi bisnis kartu American express di Indonesia dan sebagai perayaan hari jadi ke 50 , 2006 peresmiaan danamon cooperate University dan perluasan jaringan kantor cabang, 2009 right issue senilai 4 triliaun IDR dan penmambahan kepemilikan saham di Adira Finance menjadi 95%, 2010 Danamon dan Adira finance melakukan penerbitan obligasi dengan bungga tetap untuk meragamkan sumber pendanaan, 2011 sebagai perayaan ke 55 bank Danamon meluncurkan layanan gadai solusi emas syariah dan right issue senilai 5 triliaun dan penerbitan obligasi Adira finace senilai 5 tirliun, 2012 perluasan kantor cabang solusi emas syariah dan penerbitan kartu debit dan  ATM Manchester United, serta ditahun 2013 melakukan kerja sama dengan Wells Fargo dan overseas private cooperation ( OPIC) serta dengan (IFC) untuk membiayai sector UMKM di Indonesia dan pembaangunan Kantor Pusat Danamon baru di Menara Danamon dan penerbitan kartu global reporting inisiatif atau GRI.




Visi misi dan nilai

Visi

Kita Peduli dan Membantu Jutaan orang untuk mencapai Kesejahteraan

Penjelasanya: Danamon berkeyakinan bahwa keberadaannya adalah untuk mewujudkan kepeduliannyakepada nasabah, karyawan, serta masyarakat luas dan membantu kesemuanya itu bertumbuhkembang mencapai kesejahteraan yang lebih baik.


Nilai

Peduli: Memberikan perhatian yang tulus terhadap kebaikan dankemajuan bersama akan mendorong kita untuk selalu menjadi yang terbaik.

Jujur: Senantiasa memegang kebenaran kepada diri sendiri dan orang lain tanpa ada yang disembunyikan.

Mengupayakan yang terbaik: Senantiasa berani mencari cara yang lebih baik dalam bekerja untuk meraih hasil yang terbaik dengan memperhitungkan risiko yang ada dan tanpa mengorbankan ketangguhan perusahaan.


Kerja sama: Menjadikan kemajemukan di antara kita sebagai kekuatan sebuah tim untuk meraih tujuan bersama.


Profesionalisme dan disiplin

Menjalankan tanggung jawab dengan menjunjung tinggi standar dan etika profesi melalui insan yang disiplin, pemikiran yang disiplin dan tindakan yang disiplin.



Misi

Danamon bertekad menjadi lembaga keungan terkemuka di Indonesis yang keberadaannya diperhitungkan sebagai Suatu oraganisasi yang berpusat pada nassabah yang melayani semua segmen dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen, berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, serta didukung oleh teknologi kelas dunia.

Aspirasi kami adalah menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan yang dihormati oleh nasabah, karyawan, pemegang saham, regulator dan komunitas di mana kami berada.

Struktur Organisasi

Anggota Komite : Komite asset liability, komite sumber daya manusia,komite fraud,komite resiko, komite bisnis eksekutif
Direktur adalah   Henry Ho Hon Cheong,  dewan komisarissebagai dewan pemantau resiko dan komite nominasi dan remunerasi dan dewan Pengawas syariah. Adapun sub-sub direkturnya yaitu direktur bisnis mikro bapak Khoe Minhari Handikusuma , Direktur SME dan Wholesale banking adalah bpk Ali Yong direktur Tcm dan Tb prandip Chhadva dan direktur perbankan dan consumer Michelina Triwandhany. Serta komite cooperate Governance, syariah Direktur oleh Herry Hykmanto dan komite Audit dengan chief internal auditor Antony Kurniawan adapun di pihak Adira finance direktur utamanya yaitu Willy suwandi Dharma sedangkan direktur utama bidang kredit yaitu Lynn Ramli dan direktur utama Adira i=Insurance yaitu Indra Baruna.

Profile CEO dan direksi PT Danamon


Warganegara Malaysia. 59 tahun. Beliau diangkat sebagai Direktur Utama sejak 29 April 2010 dan diangkat kembali sebagai Direktur Utama dalam RUPS Tahunan tanggal 30 Maret 2011.
Beliau lulus dari Universitas Malaya dengan B. Eng (Mechanical) pada tahun 1978 dan dari McGill University, Montreal, Quebec, Canada pada tahun 1980 dengan Master of Business Administration di bidang Accounting & Finance. Beliau memulai karirnya dalam bidang perbankan dengan Citibank NA, Kuala Lumpur tahun 1982. Selama 23 tahun Beliau menjabat berbagai posisi termasuk sebagai Country Risk Officer Citibank NA, Kuala Lumpur dan Pan Asia Corporate Head di Citibank NA, Singapore, sebagai Chief Country Officer di Citibank NA Bangkok dan sebagai General Manager and Group Head di Saudi American Bank Riyadh Kingdom of Saudi Arabia. Sebelum bergabung dengan Danamon adalah sebagai President Director/CEO di PT Bank International Indonesia Tbk. dan Managing Director di Temasek Holdings (Private) Ltd.
Tugas dan Tanggung jawab : Henry Ho membawahi seluruh tugas dan wewenang Direksi serta secara langsung mengawasi bidang-bidang tugas sebagai berikut: Internal Audit, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk dan PT Asuransi Adira Dinamika.
Penugasan Khusus :
􀂇􀀃 Anggota Komite Sumber Daya Manusia
􀂇􀀃 Anggota Komite Manajemen Risiko
􀂇􀀃 Anggota Komite Asset and Liability
􀂇􀀃 Anggota Komite Pengarah Teknologi Informasi
􀂇􀀃 Komisaris Utama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk
􀂇􀀃 Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk



Ng Kee Choe

Warganegara Singapura. Umur 69 tahun. Ng Kee Choe menjabat sebagai Komisaris sejak
Maret 2004 dan Komisaris Utama sejak Mei tahun 2006 dan diangkat kembali sebagai
Komisaris Utama dalam RUPS Tahunan tanggal 30 Maret 2011.
Ng Kee Choe, juga merupakan non eksekutif Chairman dari Capitaland Ltd. dan SP Ausnet*.
Directorship lainnya termasuk sebagai Direktur Singapore Exchange Limited, Direktur/
Chairman SP Australia Networks (Transmission) Ltd, Direktur/Chairman SP Australia Networks (Distribution) Ltd, Direktur/Chairman SP Australian Network (Finance) Trust melalui SP Australian Network (RE) Ltd, Chairman Capital Land Limited, Direktur CapitaMalls Asia Limited dan Direktur Fullerton Financial Holdings Pte Ltd. Beliau juga anggota dari Temasek Advisory Panel of Temasek Holdings (Private) Ltd, anggota dari International Advisory Council of China Development Bank, Chairman dari Tanah Merah Country Club dan penasehat khusus NTUC
Income Insurance Cooperative Limited. Ng Kee Choe sebelumnya Vice Chairman dari DBS Group Holdings. Beliau pensiun dari posisi eksekutif tersebut pada Juli 2003 setelah 33 tahun bekerja di DBS. Ng Kee Choe dianugerahi Public Service Star pada tahun 2001 dan Meritorious Service Medal
pada tahun 2012 untuk kontribusi Beliau pada pelayanan publik di Singapura.
Penugasan Khusus:
􀂇􀀃 Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi
Keahlian
􀂇􀀃 Kredit
􀂇􀀃 Keuangan
􀂇􀀃 Sumber Daya Manusia
􀂇􀀃 Tresuri
􀂇􀀃 Manajemen Risiko
Kualifikasi/Riwayat Pendidikan
􀂇􀀃 Sarjana Kimia dari Universitas Singapura, tahun 1967
* SP Ausnet adalah dual listed company pada Australian Securities Exchanges dan Singapore
Exchanges Securities Trading Limited

Direktur
Vera Eve Lim diangkat sebagai Direktur pada Juni 2006. Vera Eve Lim menjabat sebagai anggota Board of Management dan Chief Financial Officer sejak bulan Oktober 2003, dan kemudian diangkat menjadi Direktur di bulan Juni 2006. Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara dan menyelesaikan program eksekutif di Stanford Graduate School of Business pada tahun 2008. Saat ini beliau bertindak sebagai Komisaris PT Asuransi Adira Dinamika.
Tugas & Tanggung Jawab:
Sebagai Chief Financial Officer, Beliau bertanggung jawab dalam mengarahkan dan mengawasi seluruh kegiatan keuangan Danamon. Beliau juga memonitor penyajian laporan keuangan untuk memastikan kepatuhan dengan standar keuangan dan akuntasi serta peraturan yang ditetapkan. Beliau berperan sebagai mitra bisnis dalam menciptakan nilai tambah melalui pelaporan dan analisis kinerja strategis dan operasional dari masing-masing bisnis. Vera menjabat ketua Komite Eksekutif Bisnis/ Business Executive yang bertanggung jawab dalam pembahasan usaha guna mencapai sasaran pendapatan Bank. Melalui keterlibatannya dalam lingkungan usaha, Vera juga berperan sebagai penasihat Direktur Utama dan pemimpin bisnis lainnya dalam memberikan informasi terkini tentang makro ekonomi dan kompetisi. Selain itu, Beliau juga menjadi wakil Danamon dalam komunitas pasar modal dan investasi.

Penugasan Khusus: 
Ketua Komite Business Executive • Anggota Operating Committee • Anggota Komite Asset and Liability • Anggota Komite Pengarah Teknologi Informasi • Anggota KomiteRisiko • Komisaris PT Asuransi Adira Dinamika.
  •  Strategi Perusahaan



Fokus kepada Portofolio dengan Tingkat Pengembalian yang Tinggi

Perusahaan memfokuskan aktivitas pembiayaannya pada aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi, dengan tetap memperhatikan kualitas dari aset tersebut.



Penerapan Manajemen Risiko Secara Hati Hati

Kajian secara menyeluruh atas kemampuan finansial dari setiap calon konsumen dan mewajibkan pembayaran minimum atas uang muka.



Komitmen untuk Produktifitas dan Efisiensi

Penyempurnaan sistem dan prosedur secara terus menerus untuk meningkatkan produktifitas, mendukung aktivitas keuangan dan meningkatkan efisiensi.



Hubungan yang Kuat dan Erat

Perusahaan sangat menyadari bahwa hubungan yang kuat dan erat dengan konsumen dan rekan usaha merupakan salah satu kunci kesuksesan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya menjaga hubungan baik serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan baik bagi konsumen maupun rekan usaha.

Perluasan Layanan Usaha
Dalam upaya untuk menjangkau dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan rekan usaha, Perusahaan terus mengembangkan layanan usahanya agar dapat semakin dekat dengan konsumen dan rekan usaha.

Pengembangan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia
Perusahaan sangat memahami bahwa teknologi informasi dan sumber daya manusia memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya untuk mengembangkan teknologi informasi dan sumber daya manusianya secara berkesinambungan.

Sinergi dengan Perusahaan Induk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk
Produk-produk gabungan, perluasan jaringan dan potensi usaha berbasis konsumen dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk telah menciptakan sinergi usaha yang strategis.

Diversifikasi Sumber Pendanaan yang Seimbang
Perusahaan selalu berusaha dalam mencari sumber pendanaan yang stabil dan kompetitif dalam mencukupi kebutuhan pendanaan, selain dengan dukungan penuh dari Induk Perusahaan, Adira Finance juga bergerak ke arah diversifikasi ke berbagai pilihan yang tersedia dalam pasar modal dalam upaya menangkap peluang bisnis yang ada sehingga akan terus terjaga struktur pendanaan yang efektif dan seimbang.

Analisa SWOT pada PerusahaanBank Danamon. Tbk



Kekurangan

Kurang dikenal oleh bebrapa masyarakyat pedesaan disbanding oleh Bank swasta lainya yang sudah tersebar luas cabang-cabangnya sampai ke pelosok negeri. Juga dikarenakan kurangnya promosi lewat media supaya lebih dikenal public. Beberapa direksinya adalah orang asing serta kepemilikan sahamnya masih didominasi oleh orang asing.


Opportuniti


Peluang (opportunity) adalah suatu potensi bisnis menguntungkan yang dapat diraih oleh perusahaan yang masih belum di kuasai oleh pihak pesaing dan masih belum tersentuh oleh pihak manapun.
Ada banyak peluang bisnis yang bisa disentuh oleh pihak Bank danamon seperti Unit UKM di daerah maupun bank danamon dapat meningkatkan kinerja anak cabangnya seperti PT. Adira Finance Tbk sebagai pemberi pinjaman kredit kepemilikan Kendaraan bermotor, barang-baraNG Elektronik dll yang sangat unggul disbanding yang lain. Serta dapat mereaih peluang bisnis melaui layanan jasa yang lainya seperti menjalin kerjasama dibidang Niaga dan pelayaran dikarenakan Indonesia adalah Negara kepulauan yang sangat membutuhkan aliran dana dibidang itu.



Ancaman


Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbankan di Indonesia perusahaan ini pu memiliki ancaman dari beberapa Competitor baik Ancaman dari Bank swasta maupun Bank milik pemerintah yang beberapa dari mereka merupakan Bank dengan managemen perusahaannya lebih baik dan lebih besar. Banyak Bank-bank swasta lainya yang menawarkan pelayanan yang lebih baik dan terintegrasi juga lebih banyak kantor cabangnya sehingga lebih membuat masyarakyat memilih jas dari pihak bank lain. Juga adanya ancaman akan kredit macet nasabahnya dan dampak dari krisis ekonomi global.

 





Sumber data


  • https://www.danamonline.common. co. id



  • www.danamon.co.id     ( diakses 29 september 2014 pukul 23:18)



  • Company profile Bank Danamon 



  • Annual  report Bank Danamon


  • Profil direksi danamon